Peringati Hari Anak Nasional, PLN Kalbar Khitan 132 Anak Yatim dan Duafa secara Gratis

28 Juli 2024 09:58 WIB
Proses khitan pada acara "Khitan Sehat Anak Sholeh, Muharam Bercahaya 1446 H & Hari Anak Nasional" yang diselenggarakan oleh PLN UID Kalbar, Jumat (26/7/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN Kalbar Melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) gelar khitan sehat gratis terhadap 132 anak yatim dan duafa. 

Khitan massal yang digelar YBM PLN Kalbar ini, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah sekaligus peringatan Hari Anak Nasional.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula PLN UP3 Pontianak, Jumat (26/6/2024). Ketua Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Kalbar, Mukhlis Zarkasih melaporkan, peserta khitanan massal gratis ini datang dari berbagai daerah. 

Di antaranya, dari Mempawah 20 anak, Ketapang 20 anak, Sintang 20 anak, Singkawang 21 anak dan Pontianak 51 anak. 

"Kegiatan khitan sehat ini adalah bentuk kepedulian YBM dan PLN UID Kalbar terhadap anak yatim duafa yang ingin berkhitan tapi belum mampu untuk melaksanakannya," ucapnya. 

"Dan egiatan ini merupakan salah satu pilar program YBM yaitu Pilar Kesehatan," lanjut Muhlis. 

Ada pun kegiatan khitan sehat ini didanai dari zakat, infaq serta sedekah para pegawai PLN yang muslim dengan ikhlas dan rela setiap bulan penghasilannya dipotong sebesar 2,5 persen untuk mensucikan hartanya.

General ManagerPLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania menyampaikan PLN berkomitmen melayani masyarakat, tidak hanya pelayanan ketenagalistrikan, tapi kegiatan sosial juga rutin diadakan.

"Sehingga hubungan baik dengan masyarakat terus terbina baik," ujar Joice

Program khitan sehat gratis PLN Kalbar ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak. Sebab, khitan memiliki banyak manfaat medis. Seperti, mencegah berbagai penyakit menular dan gangguan kesehatan pada organ reproduksi.

"Sehingga PLN menggaet penyedia jasa khitan yang telah menggunakan metode sunat modern, sehingga setiap anak yang telah berkhitan dapat langsung beraktivitas normal," katanya.***


Penulis : Ril
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar