Polisi Ringkus Tiga Orang Perusak Makam di Pemakaman Bhakti Suci Kubu Raya

15 Juli 2024 16:37 WIB
Polisi grebek tempat penampungan material makam yang dicuri tiga pelaku. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Polres Kubu Raya akhirnya mengungkap pelaku perusak makam di kawasan pemakaman tionghua Bhakti Suci, Sungai Raya, Kubu Raya, Senin (15/7/2024).

Sedikitnya tiga pelaku berhasil diringkus. Mereka adalah AM, GH dan HF. Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan, motif perusakan makam itu adalah pencurian.

Tiga pelaku melakukan aksi pencurian tersebut pada Minggu (14/7/2024) malam, saat kondisi lingkungan dalam keadaan sepi.

Ketiga pelaku berinisial AM, GH dan HF melancarkan aksinya dengan merusak makam untuk mengambil material seperti besi dan kayu.

"Mereka mengambil struktur tulangan besi beton dan kemudian dijual kepada pembeli besi bekas,"kata Raden Petit Wijaya, Senin (15/7/2024).

Dari hasil penyelidikan sementara, diketahui terdapat beberapa makam yang rusak. Kasus ini diketahui, usai keluarga ahli waris melapor ke Polres Kubu Raya.

Berangkat dari laporan inilah, penyelidikan kasus dilakukan. Sampai akhirnya tiga orang yang diduga pelaku pencurian berhasil diamankan.

"Mereka ditemukan tim Resmob Polda Kalbar sedang berada di gubuk terpal, tempat persinggahan pelaku perusakan," terangnya.

Tiga pelaku sendiri merupakan redivis kasus pencurian. Saat ini mereka dan barang bukti sudah diamankan ke Polres Kubu Raya.

"Barang bukti yang kita amankan berupa palu, gergaji besi, senter dan kayu belian," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment