Jelang Pemilu 2024, Pewarsa Gelar Pelatihan Anti Hoaks

16 Desember 2022 10:50 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Persatuan Wartawan Sanggau atau Pewarsa menggelar pelatihan anti hoaks bagi pemilih pemula menjelang Pemilu 2024 di aula perpustakaan daerah Kabupaten Sanggau, Kamis (16/12/2022)

Acara tersebut mengangkat tema 'Pemilih Cerdas Tanpa Hoaks' dibuka Bupati Sanggau Paolus Hadi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Rizma Aminin.

Hadir sebagai narasumber Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sanggau, Agus Supriyanto, Kasat Binmas Polres Sanggau, Iptu Sukiswandi, Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau, Alipius, Komisioner KPU Sanggau, Edi Rahmansana, serta trainer dari Hoax Crisis Center Borneo, Hamdan Darsani.

Baca Juga: Kejari Pontianak Tahan Konsultan Perencana Proyek Pembangunan Instalasi Limbah DLH

Para peserta terdiri sejumlah pelajar SMU/sederajat, mahasiswa serta perwakilan organisasi kepemudaan di Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutanya, Ketua Pewarsa, Abang Indra berharap para peserta mengikuti pelatihan dengan serius.

"Karena ini penting. Nanti adik-adik akan diajarkan secara teknis bagaimana mengidentifikasi berita hoaks dan bagaimana hoaks itu diproduksi," kata Indra.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Cara Kamu Mengepalkan Tangan akan Memberi Tahu Lebih Banyak Tentang Diri Kamu

Indra melanjutkan, setelah mendapatkan pembekalan anti hoaks nantinya dapat menambah wawasan tentang bahaya hoaks, dia berharap peserta tidak ikut-ikutan menyebarkan konten-konten yang belum tentu kebenarannya.

"Jangan mudah percaya dengan informasi yang belum tentu benar, apalagi kita menghadapi tahun politik, jadilah pemilih cerdas, biasakan cek fakta setiap informasi yang kita terima di handphone kita,” pesan Indra

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Rizma Aminin mengatakan pelatihan anti hoaks sebagai wujud partisipasi Pewarsa yang merupakan bagian dari elemen masyarakat Sanggau untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai.

Baca Juga: Tes Fokus: Hanya untuk yang Punya Pikiran Kuat! Berapa Banyak Hewan yang Dapat Kamu Lihat?

"Mudah-mudahan kita bisa menjadi pemilih cerdas tanpa hoaks,” ujar Rizma.

Rizma berpesan kepada seluruh peserta untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Sanggau, terlebih menjelang Pemilu 2024.

"Sanggau ini milik kita bersama, mari kita jaga sama-sama, jangan sampai keharmonisan yang sudah terpelihara baik di sanggau ini rusak gegara ulah kita sendiri. Pesan saya, ikuti pelatihan ini dengan baik agar nantinya kita tidak menjadi korban informasi yang tidak benar," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment