Wamenag Minta Generasi Muda Kuasai Dunia Digital untuk Lawan Hoaks

12 November 2022 16:28 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi meminta generasi muda untuk menguasai dunia digital untuk melawan banyaknya berita bohong atau hoaks, serta narasi yang bertolak belakang terhadap ideologi negara.

"Saya mengajak generasi muda yang melek digital untuk lebih memahami dan menguasai dunia digital. Hal ini untuk memberikan kontra narasi terhadap paham yang membahayakan ideologi negara," jelas Zainut di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Zainut mengatakan, di era digital saat ini sangat memungkinkan semua pihak dapat berinteraksi dan berselancar di dunia maya. Sehingga, perlu ada pelurusan terhadap paham yang mengarah kepada menolak ideologi negara.

"Kaum muda Muslim urban saat ini sangat terampil memanfaatkan media sosial untuk berbagai tujuan, termasuk tujuan-tujuan penguatan nilai-nilai ideologis dan keagamaan," tuturnya.

Baca Juga: Herri Supriadi Pertanyakan Dasar Hukum Tes Psikologi untuk SIM, Kasat Lantas: Belum Bisa Memastikan

Menurut dia, dua ormas Islam yakni NU dan Muhammadiyah juga harus lebih aktif dan kreatif memanfaatkan media digital untuk memasarkan Islam yang ramah, inklusif, moderat, dan toleran.

Apalagi, lanjut Zainut, NU dan Muhammadiyah merupakan ormas keagamaan terbesar di Indonesia yang memiliki sumber daya manusia potensial yang melimpah. Karenanya, NU dan Muhammadiyah harus terus berinovasi dalam berdakwah dengan memanfaatkan dunia digital.

"Saya kira itu harus dibikin sedemikian rupa untuk menarik pembaca dan pengikut, termasuk konten-konten yang disampaikan dikemas dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Komentar Menag Yaqut Cholil Qoumas Terkait Kasus Pondok Pesantren Gontor

 

Tags :

Leave a comment