Unilever Tarik Dry Shampoo Dove dan Tresemme, Bisa Picu Kanker dan Kelainan Darah, BPOM Lakukan Pengawasan

26 Oktober 2022 18:50 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Unilever secara sukarela menarik kembali Dry Shampoo Dove dan Tresemme, karena potensi tingkat tinggi benzena terdapat zat karsinogen yang dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker dan kelainan darah.

Selain Dry Shampoo Dove dan Tresemme, cukup banyak merek populer lainnya yang ditarik oleh Unilever. Totalnya ada 19 shampo kering dengan berbagai merek.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, Unilever Amerika Serikat juga telah melakukan penarikan terhadap 19 produk sampo kering tersebut, dan dua produk yang populer digunakan masyarakat adalah Dry Shampoo Dove dan Tresemme.

Baca Juga: Gegara Produk Sampo Ketengan, Pria Ini Emosi Jiwa hingga Viral

Melansir everydayhealth.com, Rabu (26/10/2022), produk dry shampoo yang diproduksi sebelum Oktober 2021 itu berasal dari merek Dove, Nexxus, Suave, TIGI (Rockaholic and Bed Head), dan TRESemmé.

Sampai saat ini, belum ada laporan tentang efek samping yang terkait dengan produk Dry Shampoo Dove dan Tresemme .

Menurut American Cancer Society, benzena diklasifikasikan sebagai karsinogen yang diketahui merupakan zat yang dapat menyebabkan kanker.

Bahan kimia ini dapat terjadi secara alami di lingkungan, dan sering ditemukan dalam minyak mentah dan bensin.

Sementara menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), benzena juga digunakan untuk membuat beberapa jenis pelumas, deterjen, pewarna, dan pestisida.

Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit.

Kebanyakan orang terpapar dengan menghirup udara yang mengandung bahan kimia. Pekerja industri yang memproduksi atau menggunakan benzena mungkin terpapar pada tingkat tertinggi.

Bahan kimia yang terdapat dalam produk Dry Shampoo Dove dan Tresemme yang ditarik tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan sel tidak berfungsi.

Misalnya, dapat menyebabkan sumsum tulang tidak memproduksi cukup sel darah merah, sehingga dapat menyebabkan anemia.

Paparan benzena yang terdapat dalam produk Dry Shampoo Dove dan Tresemme ini juga dapat menyebabkan kanker termasuk leukemia, kanker darah sumsum tulang, dan gangguan darah yang berpotensi mengancam jiwa.

Diketahui, risiko yang ditimbulkan oleh benzena memang tergantung pada jumlah, rute dan lama waktu seseorang terpapar, serta usia dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dari orang yang terpapar.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Reni Indriani telah menyatakan, jenis sampo kering seperti Dry Shampoo Dove dan Tresemme yang ditarik Amerika Serikat itu tidak terdaftar di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Reni Indriani dalam konferensi pers Indonesia Cosmetics di JIexpo Kemayoran, Selasa, 25 Oktober 2022.

Baca Juga: Lebih dari 48 Ribu Keluarga DKI Jakarta Terima Fasilitas dan Edukasi Cuci Tangan dari Unilever Indonesia

Menurut Reni Indriani, pihaknya telah melakukan penelusuran, dan ternyata produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

"Produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia," katanya dalam konferensi pers Indonesia Cosmetics di JIexpo Kemayoran, Selasa, 25 Oktober 2022.

Begitupun Reni Indriani memastikan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar dan melakukan audit secara komprehensif.

 

Leave a comment