Viral Video PMI Asal Pontianak Telantar di Laos Tak Bisa Pulang karena Paspor Ditahan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Viral video Pekerja Migran Indonesia atau PMI asal Pontianak dan Jakarta dilaporkan tertahan di Laos.

Mereka hendak pulang ke Indonesia, namun paspornya ditahan pihak perusahaan. Alhasil mereka telantar hingga empat hari tiga malam.

Mereka pun mem-viral-kan kasus ini di media sosial dan diposting akun Instagram @pontianak_infomedia. Dari video, salah satu PMI itu mengaku dari Pontianak, Kalbar.

Ia bersama delapan pemuda duduk di lantai. Beberapa di antaranya berdiri. Mereka menyampaikan keinginan ingin segera pulang ke Indonesia. Tapi paspor mereka ditahan.

"Jadi kami dibiarkan kesulitan di sini. Jadi mohon bantuan agar kami bisa segera pulang ke Indonesia," ujar pria tersebut.

Mereka mengaku sudah menghubungi pihak KBRI meminta bantuan supaya paspornya diambilkan. Tapi sampai sekarang hanya dijanjikan dan disuruh menunggu dan menunggu.

"Jadi bapak ibu kami mohon bantuannya untuk secepat mungkin. Agar kami bisa dipulangkan ke Indonesia karena di sini kami sudah ditelantarkan empat hari tiga malam. Kami sekarang kekurangan biaya," ucapnya.

Sementara itu dalam unggahan video tersebut, pengunggah menyebut ada 12 PMI yang ditahan. Empat orang di antaranya tidak memiliki paspor. Sedang delapan di antaranya punya paspor tapi ditahan. (Andi)***

Leave a comment