Spotify Berikan Fitur Terbaru Bagi Podcaster, Berikut Ulasannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Demi memanjakan para podcaster yang menggunakan jasanya. Kini Spotify menghadirkan ragam fitur terbaru yang menarik untuk dicoba.

Ragam kumpulan fitur terbaru yang dimiliki oleh Spotify ini diyakini akan memudahkan podcaster menekuni bidangnya. Sehingga, mereka dapat mengkreasikan tampilan kanal sekehendak hati.

Walaupun ragam fitur terbaru yang diumumkan oleh Spotify, tim Insidepontianak akan membahas paling penting bagi para podcaster. Kurang lebih terdapat tiga fitur yang menarik untuk dicoba.

Peluncuran beberapa fitur tersebut sebenarnya terbagi dalam dua hal. Diantaranya ada yang sudah bisa dicoba pada beberapa Negara bagian, serta yang masih dicanangkan dalam satu bulan kedepan.

Kabar fitur menarik bagi podcaster ini datang bukan dari kabar belaka semata. Melainkan, melalui laman resminya Spotify telah mengumumkan secara terbuka.

“Di minggu Podcast Movement ini, kami mengumumkan sejumlah pembaruan produk kepada pendengar Spotify dan meningkatkan pengalaman kreatif, memberi podcaster lebih banyak kesempatan untuk ditemui (pendengar), bertumbuh, dan dimonetisasi,” jelas Spotify di laman resminya, pada Rabu (23/8) kemarin.

Beberapa hal baru ini berupa laporan analitik yang lebih mendalam, alat pengeditan yang ringkas dalam satu menu, dan penyesuaian tampilan yang lebih menarik.

Dengan tiga fitur tersebut, Spotify percaya akan memberikan keringanan bagi podcaster untuk memposting konten.

Sebagai penjabaran lebih detailnya, simak ulasannya sebagaimana berikut ini:

  1. Tampilan.

Sebagai podcaster yang aktif membuat beragam konten. Kebanyakan profesi ini menghendaki untuk menampilkan ragam sosial media lain yang juga dimiliki.

Sebelumnya, mereka merasa kesulitan untuk melakukan hal itu. Karena Spotify tidak menyediakan hal tersebut, namun kali ini akun medsos podcaster lainnya sudah bisa dimunculkan.

Mereka dapat memberikan tautan link, atau laman YouTube, Instagram, bahkan akun Linktree yang juga dimiliki olehnya. Fitur ini bisa dilakukan melalui tombol menu 'About'.

  1. Alat Edit Ringkas.

Agar dapat memberikan cuplikan menarik saat mendengarkan podcast. Spotify sebenarnya memberikan suguhan cuplikan konten yang telah dibuat secara otomatis.

Kadang kala, cara ini tidak sesuai dengan kehendak pemilik kanal. Oleh sebab itu, podcaster kali ini sudah dapat mengatur cuplikan (preview) konten miliknya sesuka hati.

Selain itu, podcaster dapat mengalihkan pendengar baru untuk menikmati konten yang direkomendasikan. Hal ini bisa dilakukan oleh mereka melalui 'Best Place to Start'.

  1. Laporan Analitik Lebih Rinci.

Fitur terakhir yang cukup menarik untuk dibahas adalah sistem analisis konten. Podcaster dapat mengetahui laporan impresi, pendapatan iklan, dan lainnya dengan lebih rinci.

Lebih jauh lagi, Megaphone yang menjadi salah satu hosting utama Spotify menyatakan akan menggandeng perusahaan besar di berbagai belahan Negara.

Meski pengalaman monetisasi ini dapat menjadi hal yang lebih menarik. Fitur tersebut bakal dicanangkan akan meluncur pada bulan September sampai Desember 2023 mendatang.

Itulah ragam fitur menarik dan terbaru yang dimiliki Spotify untuk para podcaster. Pastikan Anda tidak melewatinya satu persatu, agar tampilan kanal lebih menarik. (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment