Duta Madinna Kubah Di Adisucipto, Lengkapi APD Untuk Keselamatan Kerja

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Duta Madinna Kubah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan kubah masjid, ornament, dan menara masjid serta kontruksi baja lainnya.

Selain mempunyai fungsi menampilkan keindahan dan kemegahan, kubah memiliki fungsi sebagai penunjuk arah kiblat dari luar dan sebagai pemantul cahaya masjid.

Kubah umumnya, dijadikan oleh orang yang hendak atau sedang mencari masjid sebagai acuan bahwa disana ada masjid.

Dalam proses pembuatan kubah masjid, memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, untuk mendapatkan kubah yang indah dan menawan harus melalui proses panjang dan teliti.

Begitu juga dengan persiapan para pekerja bangunan kubah masjid, dalam kesehariannya berkerja membuat kubah, apabila berkerja mengabaikan prosedur K3, maka akan berdampak menimbulkan kecelakaan kerja.

Ini diungkapkan oleh Ihksan, selaku pembuat kubah masjid Duta Madinna, pada proses pembuatan kubah harus memiliki tingkat kehatian dalam penggunaan alat, terutama pada saat proses pembentukan rangka kubah.

“Ada proses rangka gording ring, yang merupakan rangka melingkar ditengah kubah masjid, yang melewati tahapan megukur dan mengelasnya,” kata Ikhsan

Ia mengatakan, bahwa dalam proses pembuatan rangka kubah memang diperlukan keahlian khusus, untuk memotong dan menyambung antar rangka dan pengelasan agar tersambung.

“Untuk keamanan saat berkerja, memang ada beberapa alat khusus seperti kaca mata untuk mengelas dan juga sarung tangan dan masker,” jelasnya

Menurut Ikhsan, pentingnya penggunaan alas pelindung diri saat berkerja, mengigat dalam pembuatan kubah masjid yang pengerjaanya terbilang cukup lama, yakni hampir satu bulan.

“Antisipasi, misalkan tidak menggunakan kacamata saat proses pengelasan dikhawatirkan apinya dapat terkena mata,” jelasnya (Evi)***

Leave a comment