120 Anak Ikut Khitanan Massal Gratis, di PMI Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebanyak 120 anak mengikut khitanan massal yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalbar, di Markas PMI Pontianak, pada Rabu (23/8/2023).

Kegiatan ini ditunjukan untuk membantu warga yang kurang mampu, khusunya warga yang memiliki anak remaja yang belum dikhitan.

Khitanan massal ini, diikuti oleh anak yang berusia 10 hingga 15 tahun, dengan didampingi oleh orang tua dan sanak saudaranya.

Ketua PMI Kalbar, Lismaryani Sutarmidji mengatakan, setiap anak yang mengikuti khitanan massal mendapat paket bingkisan berupa beras dan souvenir.

“Dalam khitanan massal ini, terdapat 10 tenaga medis yang menangani, satu anak ditangani oleh dua tim petugas kesehatan,” ujarnya

Menurut Kepala Markas PMI, Very Budiman menyampaikan bentuk aksi sosial khitanan massal dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kita menargetkan khitanan massal ini sebanyak 100 orang ternyata kebutuhan lebih dari itu dan tercatat sebanyak 120 data masyarakat yang mendaftar,” terangnya

Very menambahkan dilihat dari biaya khitan di RS cukup besar, dengan adanya kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat.

“Aksi sosial ini menargetkan apa yang dilakukan bermanfaat untuk orang lain, dan juga untuk kesehatan mereka dapat terbantu,” ungkapnya

Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala di sejumlah daerah, untuk masyarakat yang kurang mampu yang membutuhkan.

Sementara, menurut Ningsih selaku orang tua anak, merasa senang dengan adanya kegiatan khitanan massal ini.

“Bagus kegiatannya terarah, penanganan cepet dan pelayanan dari semua pihak yang ramah-ramah, semoga kegiatan ini dapat terus dijadikan agenda rutin,” ungkapnya (Evi)***

Leave a comment