Menikmati Mandai Goreng Beserta Lalapan dan Sambal, Tak Kalah dengan Ayam atau Ikan: Ini Resepnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Makan dengan nasi hangat plus lalapan serta sambal pedas dan segar tentu akan nikmat ditemani ayam atau ikan goreng. Sesekali cobalah dengan mandai goreng, Anda akan merasakan kenikmatan yang tak beda.

Ya, mandai goreng adalah fermentasi kulit cempedak yang digoreng. Meski begitu, teskturnya yang mirip daging sangat cocok dipadukan dengan lalapan dan sambal, bisa imbangi ayam atau ikan.

Ayam dan ikan tentu sudah jamak dipadukan dengan lalapan maupun sambal, jadi cobalah mandai goreng. Kuliner khas Kalimantan Selatan ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Melansir budaya-indonesia.org, Selasa (3/10/2023), cara membuat mandai goreng sejatinya sangat mudah. Cukup mencuci mandai lalu diberi garam dan kemudian digoreng hingga kecoklatan dan kering.

Namun, mandai yang langsung digoreng biasanya rasanya lebih manis dan teksturnya lunak. Sedangkan mandai yang sudah disimpan selama tiga hari atau lebih biasanya akan keluar aroma khas mandai.

Jadi buatlah terlebih dahulu mandai yang dimaksud. Dan, caranya juga tidak sulit. Pertama-tama pilihlah buah cempedak yang matang, kemudian kulit bagian luar buah cempedak dikupas.

Lalu, keluarkan isinya hingga tersisa kulit bagian dalam yang berwarna putih kekuningan, potong-potong kulit tersebut. Setelah itu dilumuri dengan garam dan disimpan ke dalam toples, atau bisa juga direndam dengan air garam.

Mandai yang sudah tersimpan di dalam toples (fermentasi) mampu bertahan hingga lebih dari satu tahun karena garam yang berfungsi sebagai pengawet, semakin banyak garam maka semakin lama mandai bisa bertahan.

Terlepas dari itu, bisa juga dicoba mandai goreng tepung. Ini juga tak kalah nikmat jika dimakan langsung atau malah dipadukan dengan lalapan serta sambal sesuai selera.

Nah, berikut resep mandai goreng tepung seperti dapur.dispersip.tabalongkab.go.id, Selasa (3/102023):

Bahan

  • Mandai muda (belum lama terfermentasi) 1/2 kg
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 4 biji
  • Garam secukupnya
  • Tepung terigu 1 kg
  • Tepung bumbu 500 gr
  • Penyedap rasa (secukupnya)
  • Merica
  • Putih telur bebek 1 biji

Cara Membuat

  1. Potong dadu mandai
  2. Cuci dan tiriskan
  3. Blender bawang putih dan bawang merah
  4. Campur mandai dengan campuran bawang yang telah diblender bersama garam, merica, serta
    penyedap rasa. Resapkan selama setengah jam
  5. Campurkan tepung terigu dan tepung bumbu
  6. Masukkan mandai dan putih telur bebek ke dalam tepung, aduk sampai rata
  7. Agar tepung tidak menggumpal, mandai diayak menggunakan saringan
  8. Panaskan minyak goreng
  9. Goreng sampai keemasan
  10. Mandai goreng tepung siap dihidangkan

Demikian soal mandai goreng, lauk alternatif yang cocok dipadukan dengan lalapan dan sambal selain ayam dan ikan. Semoga Bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment