Selain Indah dan Unik, Air Terjun Semolon Malinau Dipercaya Cocok untuk Kesehatan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Keindahan serta keunikan Air Terjun Semolon di Kabupaten Malinau bukan rahasia lagi. Pun, air terjun ini dipercaya warga sebagai tempat yang baik untuk kesehatan.

Ya, tidak sekadar meraih kesehatan dengan berolahraga menuju ke destinasi ini, tapi kandungan air pada Air Terjun Semolon Malinau dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Ini tak lain karena Air Terjun Semolon di Kecamatan Mentarang, Malinau, ini mengandung belerang. Artinya, kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit.

Melansir malinau.go.id dan halodoc.com, Kamis (12/10/2023), Air Terjun Semolon memiliki dua sumber air, yakni sebelah kiri terasa dingin sedangkan sebelah kanan terdapat sumber air yang panas.

Sumber air panas yang dikeluarkan berasal dari kandungan mineral bumi yang terdapat di Pulau Kalimantan. Mengandung belerang tapi aroamnya tidak seperti pemandian air panas kebanyakan.

Itulah sebab Air Terjun Semolon ini terbilang unik. Pun, destinasi wisata ini memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuknya yang berundak seperti tangga dan memiliki tinggi sekitar dua meter dengan air yang bening.

Nah, air hangat mengandung belerang yang mengalir dari sumbernya ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Hal ini yang menjadi kepercayaan sebagian orang untuk menyambangi air terjun yang lokasinya cukup terpencil.

Seperti diketahui, belerang adalah mineral alami yang telah menjadi metode hidroterapi yang digunakan sejak zaman dahulu kala, yaitu zaman Mesir kuno sampai Romawi kuno. Berendam di air belerang dapat membunuh kuman, virus, dan infeksi jamur.

Menurut penelitian kesehatan, belerang secara efektif mengeringkan jerawat dan membantu memberantas akar jerawat yang melekat di dalam pori-pori kulit. Selain mengurangi peradangan jerawat, belerang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Tidak hanya membantu proses penyembuhan luka dan mengeringkan jerawat, berendam di air belerang juga dapat menyembuhkan sakit kulit seperti panu, gatal-gatal karena alergi, dan gangguan kulit lainnya.

Selain itu, berendam air belerang juga memiliki manfaat tambahan seperti melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi sembelit, dan meredakan radang wasir.

Itulah sebab banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang sengaja datang dari jauh demi melihat dan merasakan langsung sensasi air hangat di tempat ini, Selain bisa berendam, Air Terjun Semolon ini juga kerap jadi objek menarik para fotografer.

Jika masih ingin berlama di lokasi air terjun, ada cottage yang siap menjadi tempat istirahat pengunjung. Dengan biaya yang cukup terjangkau, wisatawan bisa berlama menikmati sensasi air hangat dari Air Terjun Semolon serta menghirup udara bersih serta segar dari hutan tropis di Kalimantan Utara.

Demikian soal Air Terjun Semolon di Kebupaten Malinau. Sebuah destinasi wisata yang dipercaya juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment