Iran Ingatkan Israel Hentikan Perang di Gaza

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

ANKARA, insidepontianak.com – Iran mengingatkan Israel menghentikan perang di Jalur Gaza sebelum terlambat.

Peringatan ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Iran Amir-Abdolahian pada Sabtu (14/10/2023). Dia juga menyatakan kesiapan "front perlawanan" termasuk Hizbullah, untuk memulai perang baru melawan Israel.

Pesan ini disampaikan Abdollahian lewat konferensi pers di Kedutaan Besar Iran di Beirut setelah melakukan kunjungan dua hari ke Irak, Lebanon dan Suriah, dilansir dari Antara berdasarkan laporan Anadolu.

Abdollahian mengklaim, sudah berbicara dengan para pemimpin Front Perlawanan, termasuk Hassan Nasrallah dari Hizbullah, serta para petinggi kelompok Palestina seperti Hamas dan Jihad Islam, untuk menghentikan serangan Israel.

Menurutnya, balasan terhadap kejahatan rezim Zionis akan membawa konsekuensi yang besar dan mengubah peta wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Karena itu, ia menegaskan jika Israel masih terus melanjutkan kejahatan perang, maka pasukan perlawanan siap memulai pertempuran baru supaya terjadi gencatan senjata.

Abdollahian mengatakan kejahatan perang oleh Israel di Gaza harus diawasi oleh PBB dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan pesan tersebut sudah disampaikan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres.

Menlu Iran itu juga menegaskan bahwa dukungan Barat kepada Israel membuat mereka ikut bertanggung jawab atas pembunuhan anak-anak dan wanita di Gaza.

Sebab, dampak dari situasi di Gaza terhadap proses normalisasi hubungan Israel-Arab Saudi, benar-benar sudah gagal total.***

Leave a comment