Menikmati Sajian Seafood di Rumah Makan Torani Balikpapan: Menu Lengkap dan Rasa Lezat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Rumah Makan Torani adalah satu satu tempat yang populer di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tempat makan ini menyajikan sajian khusus seafood yang lengkap nan lezat.

Berdiri sejak 2007 lalu, Rumah Makan Torani ini kini menyediakan olahan seafood yang beragam. Itulah sebab, bagi pecinta makanan laut di Balikpapan, rumah makan ini bak surga.

Artinya, Rumah Makan Torani Balikpapan ini bukanlah pemain baru di sajian seafood. Apalagi sebelum menjadi rumah makan, mereka terlebih dahulu bermain olahan makanan beku.

Melansir rmtorani.com, Rabu (18/10/2023) hingga saat ini Rumah Makan Torani memiliki tiga outlet yang berada di Kota Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur.

Masing-masing outlet Rumah Makan Torani memiliki tempat yang luas dan nyaman cocok untuk membawa keluarga besar atau bersama rekan kerja.

Ketiga outlet itu adalah Rumah Makan Torani Stalkuda, berada di Jl. Jendral Sudirman No.73 Gn. Bahagia Stalkuda, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Lalu, Rumah Makan Torani MT Haryono di MT Haryono RT 30 No 10, Damai, Kec. Balikpapan Selatan atau di sebelah RS Siloam.

Sementara yang di Samarinda adalah Rumah Makan Torani Juanda. Tepatnya berada di Jl. Ir. H. Juanda No.3, Air Hitam, Samarinda Ulu, Kota Samarinda atau sekira 200 meter setelah Excelso Juanda.

Rumah Makan Torani ini pertama kali berdiri di Stalkuda, tepatnya pada 5 April 2007. Ketika memulai pertama kali rumah makan ini hanya memiliki 12 orang karyawan, 6 meja, dan 3 lesehan.

Sebelum menjadi rumah makan, nama yang dikenal adalah Toranifood, menjual bandeng tanpa duri bakar dan kepiting pepes beku di sebuah pameran di Balikpapan.

Sebelumnya lagi, mereka pun sekadar berbisnis bandeng tanpa duri beku dan memasoknya ke berbagai rumah makan yang ada di Balikpapan. Akan tetapi penjualan ikan bandeng tanpa duri beku ini tidak berjalan lancar.

Alasannya, rasa ketidakpercayaan terhadap ikan yang kaya akan jumlah durinya. Ya, pada umumnya olahan bandeng yang sangat terkenal adalah bandeng presto. Tetapi, Torani memiliki teknik baru dalam mengolahnya.

Yaitu, teknik pencabutan duri pada bandeng yang bertujuan memudahkan orang untuk menyantapnya karena terbebas dari jumlah duri ikan bandeng serta tidak mengurangi kandungan gizinya.

Kini, bagi pecinta seafood di Balikpapan, nama Rumah Makan Torani sudah seperti jaminan mutu. Ini tak lain karena menu yang lengkap dan sajian yang nikmat.

Yang jelas Rumah Makan Torani menyediakan berbagai hidangan seafood seperti aneka olahan ikan laut yakni kakap, kerapu, bawal, baronang, belanak, dan sebaginya.

Selain itu ada olahan bandeng tanpa duri, kepiting, cumi, kerang, dan udang. Tidak tertinggal ragam olahan ikan air tawar seperti gurame, nila, dan ikan mas.

Pun penemannya ada aneka sayuran, lalapan, serta minuman yang nikmat. Demikian soal Rumah Makan Torani Balikpapan, semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment