Jenis Teh yang Ada di Indonesia, Diberi Nama Sesuai Warna atau Perkebunan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Minum teh adalah aktivitas yang tak bisa lekang dari kehidupan masyarakat Indonesia. Ragam jenis teh pun tersedia, ada yang bernama sesuai warna dan ada pula sesuai nama perkebunannya.

Maka, sangat familiar di Indonesia ketika mendengar nama teh yang diikuti warna seperti hijau dan hitam. Pun, tidak asing ketika mengetahui ada jenis teh yang bernama Kayu Aro.

Yang jelas, bagi warga Indonesia, minum teh adalah sebuah kebiasaan. Apapun jenis, baik sesuai warna atau nama perkebunan, nyatanya minuman ini telah begitu melekat dalam kehidupan.

Melansir tehsariwangi.com, Kamis (23/11/2023), sejatinya ada banyak jenis teh Indonesia yang terkenal akan kenikmatannya. Dan, masing-masing memiliki penikmatnya.

Tak hanya teh hitam dan teh hijau, Indonesia memiliki sejumlah jenis teh yang diracik dari bahan-bahan lain selain daun teh. Setiap jenis teh asli Indonesia menawarkan cita rasa berbeda.

Nah, jika Anda belum mengetahui varian teh di Tanah Air, berikut kenali ragam jenis teh Indonesia yang ada dan beredar di pasaran.

  1. Teh Hitam
    Indonesia memiliki banyak kebun teh sehingga bisa memproduksi teh hitam sendiri. Teh hitam ini bisa diperoleh dengan mudah di hampir setiap toko dan supermarket.

Teh hitam juga menawarkan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, membantu proses hidrasi tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi, dan sebagainya.

  1. Teh Hijau
    Baik teh hitam dan teh hijau dibuat dari jenis daun teh yang sama. Hanya saja, teh hijau tidak melewati proses pengeringan dan fermentasi seperti teh hitam.

Selain itu, kandungan kafein pada teh hijau cenderung lebih sedikit dibandingkan teh hitam. Sama seperti teh hitam, teh hijau juga memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh.

  1. Teh Putih
    Tanaman yang dipakai untuk membuat teh putih sama dengan teh hitam dan teh hijau, yakni Camellia sinensis. Hanya saja, proses pengolahannya berbeda dan menjadikannya berbeda dari jenis teh lainnya.

Alhasil, kandungan kafein teh putih ini cenderung lebih rendah dibandingkan jenis teh lainnya. Teh putih bisa ditemukan dengan bebas di pasaran.

Namun, jangan kaget jika harga teh ini lebih mahal dari teh hitam karena teh ini dianggap rendah kafein dan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

  1. Teh Merah
    Teh merah atau oriental red tea adalah minuman teh unik dari Jawa Barat, tepatnya dari Gunung Halimun. Teh ini juga menggunakan daun teh hitam.

Pembuatan teh merah ini melalui proses oksidasi penuh untuk mengurangi rasa pahit dari tehnya. Aroma teh merah ini sangat harum.

  1. Teh Kayu Aro
    Teh ini hanya diproduksi di Perkebunan Kayu Aro yang terletak di kaki Gunung Kerinci, Jambi. Di sana ada perkebunan teh seluas 3.020 hektare pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

Keistimewaan teh kayu aro terletak pada rasa dan aromanya. Konon, untuk menjaga rasa dan aroma Teh Kayu Aro, tidak sembarang orang bisa masuk ke pabrik pengolahan tehnya.

Teh ini hadir dalam bentuk bubuk, tanpa perlu disaring. Warnanya kemerahan dan sangat. Teh ini sudah dianggap sebagai minuman Grade 1 yang diekspor ke berbagai negara.

  1. Teh Gurah
    Satu lagi teh khas Indonesia yang berasal dari Gunung Kerinci. Teh gurah merupakan perpaduan antara teh hitam yang dihasilkan dari kebun teh Pegunungan Kerinci dengan daun srigunggu (Clerodendron serratum) berasal dari Giriloyo, Yogyakarta.

Jenis teh ini sudah ada dalam bentuk kemasan siap seduh yang bisa Anda bisa peroleh di toko herbal atau situs belanja online.

Meski terdapat kandungan teh hitam di dalamnya, teh gurah ini dianggap sebagai teh herbal karena menyimpan sejumlah manfaat kesehatan.

  1. Teh Binahong
    Minuman teh ini tidak terbuat dari daun teh yang biasa diolah menjadi teh hitam atau teh hijau. Teh binahong sebenarnya berasal dari Korea, tetapi sudah lama berada di Indonesia.

Teh yang satu ini biasa tumbuh di daerah dengan cuaca yang dingin dan lembap. Teh binahong menawarkan ragam manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan sakit maag akut dan meredakan diare.

Selain itu, bisa mempercepat proses penyembuhan luka operasi, melahirkan, jatuh, sampai khitan. Bisa juga melancarkan dan meredakan nyeri haid serta memperkuat stamina dan daya tahan tubuh.

Demikian soal jenis teh yang ada di Indonesia, yang diberi nama sesuai warna dan nama perkebunannya, Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment