Katanya Teh, Nyatanya Jenis Ini Berasal dari Tanaman Lain

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Uniknya Indonesia juga bisa dilihat dari minuman teh. Ya, idealnya teh berasal dari daun teh, nyatanya ada beberapa jenis yang berasal dari tanaman lain.

Minuman yang disebut teh ini bisa berasal dari tanaman jati, sirsak, dan sebagainya. Tapi itu tadi, masyarakat sudah familiar menyebut jenis minuman ini sebagai teh.

Dan, hal itu sejatinya bukan masalah. Pasalnya, dalam penyajiannya, jenis minuman yang berasal dari tanaman lain ini memang dikondisikan seperti minuman teh.

Melansir tehsariwangi.com, Kamis (23/11/2023), tidak dipungkiri kalau Indonesia memiliki berbagai jenis teh yang mungkin tidak bisa Anda temukan di negara lain. DAn, itulah keunikannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis teh yang sejatinya bukan dari daun teh, yang mungkin sudah sering Anda konsumsi.

  1. Teh Daun Jati
    Teh ini berasal dari rebusan daun tanaman jati yang sudah dikeringkan sebelumnya. Warna tehnya kuning cerah dan tidak keruh.

Beberapa tahun belakangan teh daun jati menjadi populer lantaran menawarkan manfaat menurunkan berat badan. Setelah meminum teh daun jati, umumnya akan merasa ingin buang air besar. Hal tersebut disebabkan kandungan zat sennosida yang memberikan efek pencahar.

Teh daun jati memang menawarkan manfaat untuk mengatasi sembelit, tapi tidak benar-benar ampuh untuk menurunkan berat badan. Bahkan, jenis teh ini tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang karena dapat menyebabkan masalah pencernaan.

  1. Teh Bunga Rosella
    Teh bunga rosella juga dikenal dengan nama teh hibiscus. Teh bunga rosella ini berasal dari air seduhan bunga rosella yang dikeringkan. Warna minuman teh ini kemerahan dan sangat jernih.

Di balik warnanya yang cantik, teh bunga rosella menyimpan berbagai manfaat, antara lain mengatasi infeksi atau peradangan karena kandungan Vitamin C-nya yang tinggi.

Selain itu dapat mengurangi rasa cemas atau depresi karena kandungan flavonoid di dalamnya berperan sebagai antidepresan. Bisa juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan pencernaan.

Umumnya, Anda bisa menemukan teh ini dalam kemasan bunga rosella yang sudah dikeringkan. Anda hanya perlu menyeduh beberapa bunga rosella tersebut sampai airnya berwarna merah tua.

  1. Teh Daun Sirsak
    Warna minuman ini kuning jernih dengan sedikit rasa pahit cenderung ke tawar. Daun sirsak yang dipakai untuk membuat teh harus yang segar, bukan dikeringkan.

Teh daun sirsak juga dianggap sebagai salah satu minuman herbal dan mampu memberikan manfaat, seperti mengobati batuk dan melegakan tenggorokan yang radang serta meredakan rasa mual yang disebabkan oleh berbagai hal.

  1. Teh Daun Salam
    Bahan utama pembuatan teh herbal ini bukanlah daun teh melainkan daun salam yang direbus dan airnya diminum sebagai teh. Teh daun salam belum dijual bebas sehingga Anda harus membuatnya sendiri.

Mengingat ini merupakan jenis teh herbal, tentu saja ada banyak manfaat yang ditawarkan, antara lain mengontrol kadar gula darah serta menurunkan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular.

Sebagai informasi, ada juga teh melati yakni yang berbahan bunga melati. Jenis teh ini sangat populer di masyarakat. Meski begitu, dalam praktiknya, banyak yang mencampurkan bunga melati dengan daun teh, jadi tidak murni.

Demikian soal teh yang bukan berasal dari daun teh, tapi dari tanaman lain. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment