Manfaat Tembakau, dari Melawan Kanker hingga Obat HIV/AIDS

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bicara soal manfaat tembakau bagi kesehatan memang tiada habisnya. Pasalnya, tanaman ini mengandung khasiat yang luar bisa, sebut saja melawan kanker.

Tidak kanker saja, tembakau juga bisa dijadikan obat untuk HIV/AIDS. Bahkan, di luar bidang kesehatan, tembakau malah bisa dijadikan biofuel.

Artinya, selain obat bagi kesehatan seperti kanker, tembakau ternyata juga bermanfaat untuk hal lain. Satu lainnya adalah bisa dijadikan sebagai penghilang embun.

Melansir biodiversitywarriors.kehati.or.id, Senin (4/12/2023), memang pada umumnya masyarakat hanya mengetahui Nicotiana Tabacum atau yang dikenal sebagai tembakau sebagai bahan baku utama rokok hingga dampak negatif. .

Namun, sebenarnya ada banyak manfaat lain dari daun ini, berikut 9 di antaranya:

  1. Hasilkan Protein Anti-Kanker
    Tembakau tidak selalu berkonotasi negatif sebagai penyebab kanker, ternyata tanaman tersebut dapat pula menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker.

Setidaknya hal ini diungkapkan peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), DR Arief Budi Witarto MEng.

Tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

Selain untuk protein anti-kanker, bisa juga untuk menstimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak.

  1. Obat Diabetes & Antibodi
    Para ilmuwan berhasil menggunakan tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat diabetes dan kekebalan tubuh. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal BMC Biotechnology.
  2. Anti-Radang
    Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa berpartisipasi dalam proyek bertajuk “Pharma-Planta” yang dipimpin Profesor Mario Pezzotti dari Universitas Verona itu.

Mereka membuat tembakau transgenik yang memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine adalah protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif.

  1. Obat Luka
    Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. Lalu, ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.
  2. Obat HIV/AIDS
    Tembakau juga bisa menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin.

HIV adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.

  1. Pemelihara Kesehatan Ternak
    Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) mempunyai potensi untuk membasmi cacing H. contortus. Sebagai akibatnya hasil pengobatan akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak, sebab kesehatan ternak tersebut makin baik.
  2. Melepaskan Gigitan Lintah
    Tembakau juga bisa kita gunakan untuk melepaskan gigitan lintah kalau lagi di dalam hutan. Tembakau juga bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga.
  3. Penghilang Embun
    Tembakau bisa juga digunakan untuk menghilangkan “embun” pada kaca dalam mobil pada waktu hujan dengan cara menggosokkan tembakau pada kaca tersebut.
  4. Sebagai Biofuel
    Peneliti dari Laboratorium Bioteknologi Universitas Thomas Jefferson telah mengidentifikasi beberapa teknik untuk meningkatkan kadar minyak nabati dalam daun tanaman tembakau.

Hal tersebut merupakan langkah awal dalam memanfaatkan tanaman ini untuk keperluan biofuel. Hasil penelitian mereka ini kemudian dipublikasikan di Jurnal Plant Biotechnology.

Dikatakan, tembakau dapat menghasilkan biofuel lebih efisien daripada produk pertanian lainnya. Namun, sebagian besar minyaknya hanya terkandung di dalam biji/ benih tembakau.

Demikian sekian manfaat tembakau bagi bidang kesehatan dan lainnya. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment