Hari Relawan Internasional 2023: Jika Semua Orang Melakukannya, Dunia Pasti Baik-Baik Saja

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Hari ini, 5 Desember 2023 diperingati sebagai Hari Relawan Internasional 2023, dan tema tahun ini adalah 'If Anyone Do It' atau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti 'Jika semua orang melakukannya'.

PBB mencatat, menandai Hari Relawan Internasional 2023, setidaknya lebih dari satu miliar sukarelawan di seluruh dunia bertindak demi solidaritas dan kemanusiaan bagi manusia di bumi ini.

Hari Relawan Internasional 2023 adalah hari untuk memberikan penghormatan kepada para sukarelawan di seluruh dunia dan untuk mengakui nilai kesukarelaan dalam perdamaian dan pembangunan.

Dengan kata lain, tema Hari Sukarelawan Internasional 2023 berpusat pada kekuatan setiap orang, sebagai sebuah tindakan kolektif. Itu sebabnya, jika semua orang mau menjadi sukarelawan, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik.

António Guterres, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa mengungkapkan, membayangkan lebih dari delapan miliar orang menjadi sukarelawan. Maka kemungkinan tak terbatas untuk pembangunan berkelanjutan; pangan dan pendidikan untuk semua orang, lingkungan bersih dan kesehatan yang baik, masyarakat inklusif dan damai, dan banyak lagi.

Diungkapkannya, ketika dunia mengumpulkan dukungan untuk menghadapi tantangan yang semakin besar, para sukarelawanlah yang pertama-tama membantu. Relawan berada di garis depan dalam krisis dan keadaan darurat, bahkan sering kali dalam situasi yang sangat sulit dan pelik.

"Pada hari yang penting ini, mari berkomitmen untuk memastikan bahwa semua orang dapat memberikan energi mereka untuk membentuk masa depan yang lebih baik bagi semua orang dan planet yang kita tinggali. Mari kita berdiri bersama para sukarelawan, di mana pun," imbau António Guterres, melansir laman unv.org, Selasa (5/12/2023).

Setidaknya peringatan Hari Relawan Internasional 2023 berlangsung di seluruh dunia termasuk tujuh acara tingkat tinggi yang diselenggarakan bersama oleh Pemerintah di Azerbaijan, Bolivia, Irak, Irlandia, Tanzania, Thailand, dan Togo.

Ragam kegiatan dilakukan merayakan hari relawan ini, mulai dari karavan sukarelawan nasional di Togo, aksi penanaman pohon yang sadar akan iklim di Azerbaijan, hingga perjalanan kursi roda para sukarelawan penyandang disabilitas di Thailand. Tujuannya adalah memperkuat keragaman sukarelawan di seluruh dunia.

Negara-negara dan kelompok relawan lainnya juga menandai semangat kesukarelaan bersama dengan komunitas, akademisi, organisasi yang melibatkan relawan, dan badan-badan PBB.

Staf Relawan PBB di Markas Besar di Bonn juga berpartisipasi dalam kegiatan sukarela untuk menandai Hari Relawan Internasional 2023 dan menunjukkan semangat kesukarelaan di antara warga setempat.

Toily Kurbanov, Koordinator Eksekutif, Relawan PBB menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada relawan di seluruh dunia.

"Hari ini saya ucapkan kepada semua relawan di seluruh dunia: Terima kasih. Karena memilih untuk memperbaiki dunia, menemukan inspirasi untuk bertindak. Untuk menciptakan solusi, untuk menjaga harapan kita tetap hidup. Dan kepada dunia, pesan kami adalah bayangkan apa yang bisa kita capai jika semua orang bergabung, dan menjadi sukarelawan," pungkasnya. (Adelina). ***

Leave a comment