5 Alasan Kenapa Microsoft Word Sangat Diminati Pengguna: Ada Fitur Penerjemah Otomatis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebagai pengguna teknologi, terdapat 5 alasan Microsoft Word diminati pengguna yang wajib Anda ketahui agar memudahkan pekerjaan pengguna.

Dalam rangkuman 5 alasan Microsoft Word diminati pengguna ini, diketahui pengguna dapat memanfaatkannya dengan mudah. Sehingga, kehadiran aplikasi tersebut bisa dirasakan kehadirannya di dalam PC dan laptop.

Dari ragam 5 alasan Microsoft Word diminati tersebut, salah satunya yakni fitur penerjemah. Dengan mengaktifkan mode tersebut, pengguna bisa mengerti arti kata atau kalimat yang diketik dalam bahasa asing.

Microsoft Word sendiri sebenarnya adalah tools untuk mengolah kata. Dalam kegunaan sehari-hari, banyak kalangan pelajar dan pekerja profesional membuat dokumen penting melalui jasanya.

Selain itu, hampir seluruh surat menyurat yang dilakukan oleh berbagai Institusi juga mengandalkan aplikasi tersebut. Bahkan, penulisan berita di berbagai media bergantung padanya.

Karena kehadirannya hampir menyentuh seluruh kebutuhan masyarakat, penting rasanya membahas ragam benefit dari Microsoft Word.

Dalam proses pekerjaan, aplikasi pengolah kata ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur penting. Bila digunakan dengan benar, dipastikan akan memberikan benefit berharga.

Terlepas dari ragam manfaat di atas Banyak sekali perusahaan yang juga menyertakan syarat perekrutan karyawan baru, mengharuskan memahami dasar dari Microsoft Word.

Lantas, apa sajakah 5 alasan Microsoft Word diiminati dan yang bisa dijajal oleh penggunanya? Simak ulasan lengkapnya sebagaimana berikut:

  1. Membuka Dokumen.

Fungsi pertama dan terhitung sebagai kelebihan Microsoft Word, yakni membuka ragam jenis dokumen. Untuk haa ini, bagi pengguna yang sudah akrab memakainya tidak perlu diragukan lagi.

Namun, bagi pelajar baru. Hal ini harus diterangkan dengan konkrit. Kelebihan tersebut bisa membuka ragam jenis apapun, baik dalam bentuk DOC biasa hingga versi DOCX.

Selain itu, bila dokumen yang diterima telah dapat dibukanya. Pengguna bisa membacanya dengan mudah, bahkan dapat mengedit teks yang dikehendaki.

Sebagai contoh mudah, pengguna dapat menambahkan format dokumen agar lebih rapi dengan fitur Header ataupun Footer.

Sehingga, dokumen yang awalnya berantakan dapat tersusun rapi dan enak dibaca. Lantaran telah disunting dan diberikan nomor halaman.

  1. Penerjemah Bahasa Asing.

Selanjutnya, benefit yang bisa dilakukan pada Microsoft Word adalah ketika digunakan sebagai tools penerjemah. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus menghubungkan dengan koneksi Internet.

Dalam kasus penerjemahan ini, pengguna bisa memilih kata yang hendak diketahui artinya dalam Bahasa Indonesia. Bahkan, seluruh dokumen juga dapat diterjemahkan secara instan.

  1. Membuat PDF.

Pada pembaruan Microsoft Word terbaru, aplikasi pengolah kata ini tidak hanya dapat menyimpan dokumen dalam format DOC saja.

Melainkan esai, artikel, dokumen, dan ragam jenis lainnya juga bisa disimpan dalam format PDF. Sehingga, bila hendak dikirimkan file bisa dibaca tanpa perlu diganggu lagi dengan opsi editing otomatis.

  1. Pembuat Tabel dan Grafik.

Kelebihan yang keempat adalah kemampuan untuk mengolah data dalam bentuk grafik. Hal ini sangat dibutuhkan, agar dokumen yang dikirim tidak terlihat jemu dan mudah dibaca.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat kolom tabel dengan tanpa bantuan Microsoft Excel. Semua fitur tersebut bisa dilakukan pada menu bar 'Insert'.

  1. Input Tabel Langsung dari Excel.

Kelebihan yang terakhir yakni dengan kemampuan menampilkan tabel yang telah tersedia, pada aplikasi Excel, dan langsung dimunculkan pada Microsoft Word.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi membuat tabel secara manual. Akan tetapi, hal itu bisa dicapai dengan fitur Object di menu 'Insert'.

Itulah 5 alasan Microsoft Word diminati pengguna dan yang wajib diketahui. Cukup menarik bukan, dengan satu aplikasi bisa lakukan ragam hal? Selamat mencoba. (Dzikrullah) ***

Leave a comment