Pahami, Ini Aturan Makan Durian agar Tetap Sehat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Sesuatu yang berlebihan bisa menimbulkan masalah, begitu juga soal makan durian. Karena itu, sejatinya ada aturan agar tubuh Anda tetap sehat.

Ya, walaupun secara penelitian durian dikatakan sebagai buah sehat, tapi juga bisa mengandung risiko jika cara makan atau mengonsumsinya tidak pakai aturan.

Maksud dari aturan itu lebih pada takaran dalam makan durian. Dengan kata lain, agar tetap sehat, cara mudahnya dihitung per biji dan bukan per buah.

Melansir halodoc.com, Rabu (27/12/2023) sebenarnya, durian tidak berbeda jauh dengan buah pada umumnya. Meski tergolong buah yang tinggi kalori, tetapi durian juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Sebutnya saja vitamin C, vitamin B6, kalium, serta tiamin. Artinya, makan durian bisa membantu meningkatkan energi, kekuatan otot, menunjang kesehatan kulit, serta melancarkan sistem pencernaan.

Meski begitu, buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, bisa menyebabkan dampak yang berbahaya untuk tubuh.

Jadi, pastikan untuk mengetahui takaran atau aturan dalam mengonsumsi buah durian. Agar terhindar dari efek samping durian, hindari mengonsumsi lebih dari 35 gram buah atau daging durian dalam satu kali makan.

Takaran ini setara dengan dua biji durian, bukan dua buah. Mengatur takaran konsumsi durian juga bisa membantu menghindari kenaikan berat badan karena buah ini banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi.

Tak hanya itu, buah durian juga diketahui memiliki kandungan alkohol dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Kandungan alkohol dalam buah durian sebenarnya tidak terlalu berdampak, karena bersifat ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Meski begitu, bukan berarti buah durian boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Selain memperhatikan takarannya, Anda juga disarankan untuk memperhatikan “penampilan” dan rasa durian yang dikonsumsi. Umumnya, orang akan memilih durian yang terlalu matang dan memiliki rasa manis.

Hal itu tidak terlalu dianjurkan, sebab karbohidrat yang ada di dalamnya akan berfermentasi menjadi alkohol yang kemudian bisa membahayakan kesehatan. Sebagai gantinya, pilihlah durian yang tidak terlalu matang.

Ya, agar tetap sehat dan menghindari efek berbahaya, pilihlah durian yang masih mengkal alias setengah matang. AAnda bisa mengenalinya dari daging buah durian yang masih agak keras.

Namun tetap saja, sebaiknya makan durian tidak dilakukan terlalu sering dan berlebihan. Ada beberapa dampak kesehatan yang bisa muncul akibat konsumsi durian berlebih.

Dampak ini karena mengandung indeks glikemik yang tinggi, konsumsi buah durian secara berlebih bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini sama sekali tidak baik dan bisa memicu gangguan kesehatan.

Selain itu, berlebihan dalam mengonsumsi buah berduri ini juga bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan dan meningkatkan berat badan karena banyak mengandung lemak dan karbohidrat.

Demikian soal aturan makan durian agar Anda tetap sehat. Ingatlah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment