Diprediksi Akan Berkembang, Pj Sekda Buka Turnamen Mini Soccer OPD Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Olahraga sepak bola khususnya seperti Mini Soccer merupakan cabang olahraga yang akan berkembang dan cukup familiar bagi penggemar kedepannya.

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Mohammad Bari saat membuka secara resmi Turnamen Sepak Bola Mini (Mini Soccer) Antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan digelar di Lapangan Mini Soccer Octo Sport Dan Lifestyle Hub Jalan Ayani II Kubu Raya, Senin (22/1/2024).

Sebanyak 14 tim dari OPD dan ditambah satu dari luar OPD yaitu Bank Kalbar mengambil tempat pada turnamen yang diselenggarakan tersebut.

Pj Sekda Kalbar mengatakan bahwa turnamen sepak bola mini yang digelar ini merupakan rangkaian dalam memeriahkan Hari Jadi ke-67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2024 mendatang.

"Saya sangat mengapresiasi kepada para panitia yang telah menyelenggarakan turnamen antar OPD pada hari ini, sebenarnya ini merupakan inisiatif dari rekan-rekan panitia yang mana seharusnya pertandingan futsal dan diganti dengan pertandingan mini soccer," kata Pj Sekda Kalbar.

Hal tersebut merupakan alternatif olahraga bola, selain sepak bola dan futsal.

"Oleh karena itu saya berharap, kepada seluruh OPD agar untuk dapat menganggarkan kegiatan pengembangan mental dan rohani salah satunya dicabang Mini Soccer seperti yang diselenggarakan ini," ujar Mohammad Bari.

Selain itu, dirinya berharap dengan diselenggarakannya pertandingan mini soccer ini dapat dijadikan momentum dalam mengembangkan potensi bakat sehingga akan bermunculan atlet yang profesional.

"Tidak hanya pertandingan saat ini, saya berharap dari turnamen ini dapat melahirkan atlet-atlet yang profesional dan mampu berkancah di daerah maupun tingkat nasional seperti kejuaraan Porprov maupun Pekan Olahraga Nasional (PON)," sambung Bari.

Tak hanya itu, Pj,Sekda Kalbar juga menginginkan kejuaraan ini menjadi barometer agar cabang-cabang yang menjadi dominasi oleh Pemprov Kalbar bisa terangkat kembali.

"Beberapa waktu yang lalu Kalbar pernah meraih prestasi di kancah nasional seperti lomba balap sepeda, angkat berat, kemudian beberapa cabang yang lain. Dan kita inginkan prestasi itu diikuti cabang-cabang yang lainnya," tutur Pj Sekda.

Turnamen antar OPD Pemprov Kalbar ini diikuti sebanyak 14 Tim plus dari luar OPD yaitu perwakilan dari PT. Bank Kalbar.

Ke 14 Tim OPD tersebut diantaranya Diskominfo dan Setwan, BKAD Kalbar, DPP ESDM Kalbar, BAPENDA Kalbar, BPSDM dan Dinas PTSP Kalbar, Disnakertrans Kalbar, Dinas PUPR Kalbar, BKD Kalbar, DISHUB Kalbar, DINSOS dan BPPD Kalbar, RSUD Soedarso, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Dinas Dukcapil dan BAPPEDA Kalbar, Sekretariat Derah, dan Dinas Perkim Kalbar serta tak lupa tim dari Inspektorat Kalbar. ***

Leave a comment