Dermaga Tembilok akan Jadi Aset Pemkab Ketapang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Dermaga Tembilok yang terletak di Desa Sungai Awan Kanan akan menjadi aset Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Sekda Ketapang, Alexander Wilyo mengatakan, penyerahan hibah dermaga itu akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Kementerian Perhubungan.

"Setelah menerima hibah dari pemerintah pusat, maka Dermaga Tembilok secara administrasi dicatat menjadi aset Pemerintah Kabupaten Ketapang,” kata Alexander Wilyo di sela-sela kegiatannya meninjau Dermaga Tembilok, belum lama ini.

Menurutnya, dermaga itu, menjadi satu-satunya pelabuhan yang dimiliki Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang.

Ia memastikan, setelah proses hibah selesai, maka dermaga itu akan ditata, agar pemanfaatannya bisa lebih baik, dan bisa menyumbang pendapatan asli daerah atau PAD.

Sebab, Dermaga Tembilok sangat strategis letaknya. Akan mendukung kegiatan bongkar muat bagi pengusaha di wilayah Desa Sungai Awan.

Karena itu, ia meyakini, jika pelabuhan itu sudah berfungsi, maka otomatis wilayah Desa Sungai Awan juga akan berkembang dan maju.

“Masyarakat bisa membangun UMKM. Jasa transportasi berjalan dengan baik, bahkan pelabuhan bisa menjadi objek wisata atau landmark Ketapang yang baru," katanya.

Maka, untuk mewujudkan harapan itu, Alexander Wilyo mengajak semua pihak, terutama masyarakat Desa Sungai Awan Kanan, mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Ketapang dalam pemanfaatan Dermaga Tembilok nanti.

“Minimal dengan turut serta menjaga aset-aset yang ada," pesannya.***

Leave a comment