Pj Sekda Kayong Utara Ikuti Rakornas IKN, Menyatukan Persepsi Wujudkan Visi Kota Dunia

17 Maret 2024 14:08 WIB
Pj Sekda Kabupaten Kayong Utara, Rene Rienaldi mengikuti rapat koordinasi nasional atau rakornas yang digelar Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (14/3/2024). (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pj Sekda Kabupaten Kayong Utara, Rene Rienaldy mengikuti rapat koordinasi nasional atau Rakornas, yang diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Rakornas itu digelar di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (14/3/2024). Yang dibahas adalah soal isu mewujudkan visi IKN sebagai kota dunia untuk semua.

"Rakornas ini juga bertujuan untuk memastikan konsep pemerintahan di IKN, dan potensi kerja sama dengan IKN,” kata Rene.

“Khusunya IKN dan kewenangan khususnya, perkembangan pembangunan IKN, pelaksanaan investasi di IKN," sambungnya.

Rakornas tersebut menghadirkan pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Badan Pertanahan Nasional, serta Ridwan Kamil sebagai Kurator IKN.

Di forum itu lanjut Rene, juga dipaparkan konsep dan perspektif IKN dari berbagai aspek, meliputi perspektif pemerintahan yang fokus pada inovasi dan kemampuan beradaptasi.

Selanjutnya dari perspektif lingkungan untuk mewujudkan kota berkelanjutan dengan mencapai net zero emissions pada tahun 2045 mendatang.

Kemdian, perspektif ekonomi untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam pertumbuhan ekonomi inklusif.

Serta, perspektif teknologi yang mengadopsi konsep kota cerdas untuk meningkatkan kualitas hidup dan adaptasi masyarakat terhadap perubahan.

Menurut Rene, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menekankan, hasil Rakornas ini harus dapat membangkitkan gairah OIKN untuk mewujudkan Nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

Sebab, salah satu misi IKN adalah mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarkan magnet pertumbuhan ekonomi baru.

“Sehingga, pembangunan tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa," kata Rene.

Seperti diketahui, IKN akan menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara. IKN terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.(fauzi)***

Leave a comment