Berebut Tiket Demokrat, Sutarmidji dan Herzaky Sudah Ambil Form Pendaftaran Cagub, Norsan Dikabarkan Besok

26 Maret 2024 12:37 WIB
Subhan Noviar mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur untuk Sutarmidji di DPD Demokrat Kalbar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tiket dari Partai Demokrat, mulai diperebutkan sejumlah tokoh untuk memastikan diri dapat berlayar di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2024. 

Adapun Pilgub Kalbar 2024 dijadwalkan dihelat pada November. DPD Demokrat Kalbar sendiri sudah membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur sejak 21 hingga 27 Maret 2024.

Sejauh ini, sudah dua tokoh yang datang mengambil formulir untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur, di kantor DPD Demokrat Kalbar, Jalan Paris II.

Kedua tokoh itu adalah Sutarmidji, Gubernur Kalbar periode 2018-2023, dan Kepala Bakomstra Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Mereka dipastikan sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilgub Kalbar.

Tokoh-tokoh tersebut berebut tiket Partai Demokrat yang pada 2019 memiliki tujuh kursi di DPRD Kalbar.

Sebagaimana diketahui, Demokrat Kalbar, harus berkoalisi untuk mengusung calon kepala daerah Pilgub Kalbar 2024, karena perolehan suara pada Pileg DPRD Kalbar 2019 tidak mencapai ambang batas 20 persen.

Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Kalbar, Lusiana Irmalia mengatakan, sejak dibuka pendaftaran, baru dua tokoh yang mengambil formulir di DPD Demokrat.

"Yang baru mengambil formulir baru Pak Sutarmidji dan Herzaky Mahendra Putra," kata Lusiana Irmalia, kepada Insidepontianak.com, Selasa (26/3/2024).

Namun, kata Lusi, kedua tokoh ini tak langsung hadir ke kantor DPD Demokrat Kalbar. Melainkan diwakilkan.

Untuk Sutarmidji diwakilkan tim-nya yakni Subhan Noviar. Sementara Herzaky juga melalui relawan.

Lusi menyebut, pendaftaran terakhir untuk Cakada bakal ditutup besok. Sementara pengembalian berkas dilakukan 1-7 April 2024. Ditanya soal kemungkinan tokoh lain mendaftar, Lusi mengaku terus menunggu.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Insidepontianak.com, Ria Norsan, Wagub Kalbar periode 2018-2023, juga dikabarkan akan mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur, besok di DPD Demokrat Kalbar.

Namun, hingga kini informasi tersebut masih belum dapat dipastikan jadi atau tidak. Ria Norsan belum menjawab konfirmasi yang sudah disampaikan jurnalis Insidepontianak.com. (Andi)

Leave a comment