Pj Bupati Kubu Raya Hadiri Peluncuran Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

26 Maret 2024 14:26 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman menghadiri peluncuran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman menghadiri peluncuran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Peluncuran Anugerah Desa Wisata Indonesia ADWI 2024 yang dihadiri Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman dibuka langsung oleh Pj Gubernur Kalbar Harisson di Taman Agrowisata Rekadena, Desa Jeruju Besar Kabupaten Kubu Raya.

Pj Gubernur Harisson didampingi Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman mengatakan atas nama Pemprov Kalbar berharap ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ADWI 2024 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian sekaligus pengembangan desa wisata di Kalbar guna mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

“ADWI ini secara nasional telah diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa waktu lalu dengan tema 'Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia',” ungkap Harisson.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan setiap desa di Kalimantan Barat memiliki potensi wisata untuk

segera berbenah diri dan mendaftarkan sebagai peserta kontestan desa wisata yang nantinya akan dinilai oleh tim dari Kemenparekraf. 

Jika berhasil masuk dalam 50 desa wisata terbaik, maka akan mendapatkan pendampingan hingga bisa memperkuat tata kelola destinasi agar pengembangan dan memberikan manfaat jangka panjang.

“Jadi desa-desa wisata di Kalbar memang terus kita pacu dan diharapkan itu adalah pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya. Ini yang menjadi harapan kita,” ujarnya.

Harisson menyebut desa wisata akan menjadi lokomotif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat. 

Oleh karena itu, ia menegaskan agar semua desa wisata di Kalimantan Barat berpartisipasi aktif dengan cara mendaftar ajang ADWI 2024.

“Jadi setiap tahun harus ada yang kita munculkan dan bisa dibanggakan sampai ke tingkat nasional sehingga menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,” tuturnya.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman berharap kepada bupati/wali kota untuk terus membantu pengembangan desa wisata agar masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. ***

Leave a comment