Pj Sekda Kayong Utara Buka Musrenbang-RPJPD 2025-2045, Ini Prioritas Program Pembangunannya

27 Maret 2024 15:10 WIB
Pj Sekda Kayong Utara, Rene Rienaldy membuka kegiatan Musrenbang-RPJPD 2025-2045,Rabu (27/3/2024). (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang-RPJPD) 2025-2045, Rabu (27/3/2024).

Musrenbang-RPJDP kali ini mengangkat tema: “Meningkatkan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan”. Dibuka Pj Sekda, Rene Rienaldy.

Dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Barat Ignasius IK beserta jajaran serta unsur Forkopimda Kayong Utara.

Rene menyampaikan, Musrenbang-RPJPD 2025-2045, sangat penting sebagai wadah penyampaian aspirasi masyarakat, yang nantinya akan dirumuskan menjadi program pembangunan jangka panjang.

“Musrenbang juga menjadi forum diskusi untuk menetapkan program dan kegiatan pembangunan, yang menjadi prioritas sesuai kebutuhan masyarakat untuk 20 tahun ke depan,” jelas Rene.

Adapun proritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara di 2025 di antaranya, peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing.

Percepatan pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi. Meningkatkan ketahanan terhadap bencana melalui penguatan kualitas lingkungan hidup.

Memperkuat kualitas pelayanan publik, serta memperkuat ketahanan ekonomi berbasis potensi daerah dan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan rencana prioritas program dan kegiatan di tahun 2025 yakni pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan, penghapusan kemiskinan ekstrem, pengentasan stunting, dan peningkatan penerapam standar pelayanan minimal atau SPM.

"Selanjutnya, kita juga akan perkuat kerja sama, kolaborasi, dan kemitraan antarpihak, sehingga dokumen RPJPD dan RKPD ini nantinya tidak saja menjadi dokumen milik pemerintah, tetapi menjadi dokumen milik kita bersama," ucap Rene.

PJ Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ignasius IK, berharap Musrenbang Kayong Utara tahun 2024 ini, menghasilkan keputusan mengedepankan aspirasi dan pandangan dari masyarakat sebagai materi dalam merumuskan kebijakan.

"Musrenbang ini akan disepakati program dan kegiatan prioritas daerah yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2025 nanti," jelas Ignasius.

"Semoga kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi kita semua," ucap Ignasius.(Fauzi)***

Leave a comment