Jaga Keamanan Akun Digital, FJPI dan SAFEnet Ajak Jernalis Melek Keamanan Digital untuk Cegah KBGO

28 April 2024 15:45 WIB
SAFEnet Bidang Gender yang juga Ketua Jurnalis Perempuan Khatulistiwa, Aseanty Pahlevi, saat menjadi narasumber kegiatan workshop FJPI Kalbar, Minggu (28/4/2024).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Menjaga keamanan akun digital saat ini menjadi sangat penting. Sebab, akun digital sangat rentan terjadi peretasan data atau dihack.

Sebagaimana diketahui, hal ini menjadi modus Kekerasan Berbasis Gender Online atau KBGO di Indonesia yang menimpa berbagai kalangan dan profesi. Tak terkecuali, para jurnalis perempuan.

Maka dari itu, maraknya KBGO menjadi salah satu pendorong Forum Jurnalis Perempuan Indonesia atau FJPI Kalimantan Barat untuk mengajak jurnalis perempuan di Kalbar bersama mencegah KBGO.

Ketua Jurnalis Perempuan Khatulistiwa, Aseanty Pahlevi saat menjadi narasumber dalam kegiatan workshop FJPI Kalbar mengatakan bahwa di era digitalisasi tingkat keamanan penyimpanan data pada perangkat elektronik sangatlah kecil.

“Pada era sekarang akun kita sangat rentan dihack,” kata Aseanty, Minggu (28/4/2024).

Menurutnya, hack sangat berbahaya, karena sewaktu-waktu peretas atau hacker dapat masuk kedalam sistem  perangkat dan menjalankan aksinya, seperti mencuri data atau hanya mata-matain apa yang pemilik akun lakukan.

“Saya menyarankan lebih baik lakukan pengamanan dua langkah, agar data pribadi lebih aman,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berpesan, dalam menjaga keamanan data alangkah lebih baiknya juga mengunduh beberapa aplikasi pengamanan disistem perangkat, misalnya aplikasi dari Southeast Asia Freedom of Expression Network atau SAFEnet.

Sebagaimana diketahui, SAFEnet merupakan aplikasi yang diciptakan oleh organisasi masyarakat sipil yang memperjuangkan hak-hak digital, termasuk hak untuk mengakses internet, hak untuk bebas berekspresi, dan hak atas rasa aman di ranah digital.

“Kita dapat memanfaatkan aplikasi SAFEnet sebagai pencegah perangkat kita dihack,” pungkasnya. (Greg)


Penulis : Gregorius
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment