Akan Jadi Pedoman, Pj Gubernur Kalbar Harisson Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi 2024

15 Juni 2024 06:18 WIB
Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024

JAKARTA, insidepontianak.com – Menjadi momentum penting dalam upaya menjaga stabilitas harga dan memastikan kesejahteraan masyarakat

Pj Gubernur Kalbar, Harisson menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2024 yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. 

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Pengendalian Inflasi (TPI) baik di tingkat pusat maupun daerah atas kerja keras mereka dalam mengendalikan inflasi. 

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 menjadi ajang penting bagi pemerintah pusat dan daerah untuk menyinergikan upaya dalam menjaga stabilitas harga dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah potensi tantangan seperti kekeringan dan gelombang panas.

Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Tim Pengendalian Inflasi daerah yang telah bekerja keras, yang telah berusaha keras untuk mengendalikan inflasi sehingga yang terakhir di Bulan Mei yang lalu inflasi kita berada diangka 2,84 persen. 

"Ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia," ujar Presiden.

Meskipun capaian inflasi terkendali, Presiden mengingatkan agar pemerintah daerah tetap waspada dan berhati-hati. Pemantauan langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di lapangan menjadi kunci, mengingat dampak inflasi dirasakan langsung oleh masyarakat. 

Presiden menekankan pentingnya kewaspadaan meskipun pertumbuhan ekonomi saat ini berada di angka 5,11 persen, karena tantangan ke depan tidaklah mudah.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan bahwa kekeringan dan gelombang panas tidak boleh dianggap remeh, karena dampaknya dapat memicu inflasi. 

Oleh karena itu, kolaborasi antar kementerian dan lembaga terkait sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan ini.

Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson menyambut baik arahan Presiden dan berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan seluruh pemangku kepentingan di daerah. 

Fokus utama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat adalah menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi bahan pangan pokok, terutama beras. Pemantauan perkembangan harga dan pengambilan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas harga juga menjadi prioritas.

Diakui Pj Gubernur Kalbar Harisson, di Kalimantan Barat akan terus berupaya menjaga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan stabilitas harga, terutama untuk komoditas pangan strategis. 

"Arahan dan strategi dari pemerintah pusat akan menjadi pedoman bagi kami dalam menyusun langkah - langkah pengendalian inflasi yang lebih efektif dan tepat sasaran," ungkap Harisson.

Harisson optimis dengan kerja sama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, agar Kalimantan Barat dapat terus mempertahankan capaian inflasi yang terkendali dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mirza Adityaswara.

Dalam Rakornas tersebut, Presiden juga menyerahkan penghargaan kepada 15 penerima Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan inovasi mereka dalam pengendalian inflasi di daerah masing-masing. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar