Prabasa Optimis PWI Kalbar Lebih Progresif

25 Juni 2024 21:11 WIB
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Prabasa Anantatur, foto bersama pengurus PWI Kalbar Periode 2024-2029. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Prabasa Anantatur menerima kunjungan kehormatan (Audiensi) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar, Selasa (25/6/2024) siang.

Audiensi dipimpin Ketua PWI Kalbar, Kundori bersama Sekretaris Deska Irnan Syafara, Bendahara Jauhari Fatria, Wakil Ketua Bidang Organisasi Arman Hairiadi dan Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Marupek.

“Kami ingin membangun kembali komunikasi dan silaturahmi bersama DPRD Provinsi Kalbar,” ucap Kundori membuka percakapan dengan Prabasa Anantatur.

Kundori menyampaikan, PWI Kalbar saat ini sedang mengembangkan organisasi profesi wartawan. Seperti meningkatkan kualitas dan mutu wartawan dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para anggotanya.

“Di era digital sekarang, kami perlu mengembangkan SDM. Dengan memberikan pelatihan, sekolah jurnalistik dan UKW,” jelas Kundori.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Prabasa Anantatur mengapresiasi pengurus PWI Kalbar Periode 2024-2029. 

“Gaung PWI memang sempat hilang dalam satu dekade terakhir. Tapi hari ini saya senang, PWI seperti hidup kembali,” kata Prabasa Anantatur.

Prabasa bilang, sebagai seorang politikus, ia memang dekat dengan wartawan. Bahkan, ia merasa terbantu dengan karya-karya wartawan.

“Saya bisa dikenal sebagai politisi juga karena tulisan wartawan yang dikemas dalam pemberitaan,” ucap mantan Wakil Bupati Sambas tersebut.

Prabasa berharap, PWI Kalbar dapat bersinergi dalam mengawal pembangunan daerah. Karena pers sebagai pilar demokrasi memiliki peranan sangat penting. PWI sebagai wadah organisasi profesi diharapkan terus meningkatkan kompetensi anggota. 

"Apalagi tantangan ke depan cukup berat. Terutsama di era digital seperti sekarang. Pengurus PWI diharapkan dapat terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman," pesan Prabasa. 

Prabasa menyambut baik, silaturahmi yang dilakukan kepengurusan PWI Kalbar. Ia berharap, kepengurusan yang baru dapat meningkatkan sinergitas dalam pembangunan daerah. 

Sekretaris DPD Partai Golkar Kalbar ini berpandangan, PWI Kalbar bakal lebih progresif di kemudian hari. Ia optimis, karena melihat struktur kepengurusan baru yang didominasi anak muda. 

Namun demikian, Prabasa berpesan, pengurus baru yang rata-rata anak muda bisa menjaga komunikasi dan silaturahim dengan senior dapat terus terjaga.***


Penulis : Ril
Editor : -

Leave a comment