Kakanwil Kemenkumham Kalbar Tekankan Fungsi Pengawasan dan Pembinaan Notaris

16 Juli 2024 00:14 WIB
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat, Muhammad Tito Andrianto. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat, Muhammad Tito Andrianto mengingatkan peran penting Majelis Pengawas Daerah Notaris atau MPDN dalam mengawasi tugas dan prilaku notaris agar senantiasa profesional. 

Penekanan itu, disampaikan saat mengambil sumpah pengganti antar-waktu atau PAW, anggota MPDN di Kota Pontianak dan Kabupaten Sintang. 

Adapun anggota MPDN yang diambil sumpah adalah Riswandi sebagai anggota MPDN Kota Pontianak, menggantikan Muhayan dan Alexander dari Kabupaten Sintang yang menggantikan Hartati. Upacara pengucapan sumpah dan janji berlangsung di Hotel Grand Mahkota, Senin (15/7/2024).

Muhammad Tito Andrianto mengatakan, MPDN dan MKN memiliki peran penting dalam menjaga kualitas dan profesionalisme notaris di Kalbar. 

"MPDN bertugas mengawasi pelaksanaan tugas notaris, sedangkan MKN bertugas menjaga kehormatan dan martabat notaris," kata Muhammad Tito Andrianto, Senin (15/7/2024). 

Karenanya, dia mengingatkan agar anggota MPDN yang diambil sumpahnya benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik. 

Mereka diharapkan mampu melakukan pembinaan dan pengawasan yang bersifat preventif dan kuratif terhadap kinerja dan perilaku seorang notaris. 

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Administrasi Hukum Umum, Krisman Samosir menyebut, berharap MPN dan MKN dapat memperkuat sinergi antara MPN dan MKN, serta meningkatkan kualitas pelayanan notaris di Kalbar. 

"Dengan demikian, senantiasa dapat bekerja secara profesional," kata dia. 

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri pimpinan tinggi pratama Kanwil Kemenkumham Kalbar, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian Kota Pontianak serta para Ketua dan anggota MKN, MPW dan MPDN se-Kalbar.***


Penulis : Andi Ridwanayah
Editor : -

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar