Bank Kalbar Kantor Cabang Utama Pontianak Dukung Digitalisasi Transaksi

14 Agustus 2024 11:40 WIB
Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari saat kegiatan juga sempat melihat booth Bank Kalbar bersama Kepala BI Kalbar didampingi Pimpinan Kantor Cabang Kota Pontianak Edi Kusnaidi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ceremony Pekan Qris Nasional Tahun 2024  juga dibarengi dengan berbagai kegiatan.

Antara lain Penandatanganan Komitmen Peningkatan Digitalisasi Sektor Transportasi, Sosialisasi dan Edukasi, Lomba Cerdas Cermat untuk anak sekolah, Pameran produk-produk dari berbagai sektor ekonomi kreatif, seperti fashion, kerajinan tangan, kuliner, dan industri kreatif lainnya.

Pojok booth Qris dari Bank Kalbar Kantor Cabang Utama Pontianak diisi dengan layanan pembuatan rekening, aktivasi mobile banking dan pendaftaran merchant Qris.

Pimpinan Kantor Cabang Kota Pontianak Edi Kusnaidi mengatakan bagi nasabah yang baru membuka rekening Bank Kalbar akan mendapatkan souvenir menarik.

"Melalui pekan Qris Nasional 2024, Bank Kalbar ikut serta mendukung digitalisasi transaksi yang digalakkan pemerintah pusat," ungkapnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Anggini Sari mengatakan QRIS merupakan game changer pembayaran digital yang diarahkan sebagai entry point ekosistem digital bagi UMKM untuk mendukung inklusi dan konektivitas.

Pada periode Januari-Juni 2024, merchant QRIS di Kalbar tercatat sejumlah 350.911 atau meningkat sebesar 30,0 persen (yoy). Sebesar 63,3 persen dari jumlah tersebut merupakan usaha mikro (UMI).

Hal ini menunjukkan bahwa QRIS telah dimanfaatkan secara luas oleh pedagang kecil antara lain warung/toko dan Pedagang Kaki Lima (PKL) seperti penjual jajanan pasar dan lainnya. Inovasi QRIS terus dikembangkan.

"Saat ini QRIS dilengkapi dengan fitur terbaru yaitu QRIS TAP berbasis Near Field Communication (NFC), yang akan mempermudah transaksi QRIS ke depan," kata Anggini.

QRIS juga akan dapat digunakan di lebih banyak negara di luar negeri. Selain Malaysia, Singapura, dan Thailand, QRIS juga akan dapat digunakan di Korea Selatan, Arab Saudi, Jepang dan Brunei Darussalam.

Kerja sama QRIS antar negara yang semakin luas merupakan bukti komitmen untuk mengintegrasikan global payment system.

Pihaknya patut berbangga dengan inovasi sistem pembayaran ini semakin inovatif dan diakui oleh negara lain.

"Dari sisi nominal, transaksi QRIS di Kalbar pada periode Januari-Juni 2024 adalah sebesar Rp. 1,5 Trilun. Angka ini meningkat 181,9 persen dibanding periode yang sama di Tahun 2023," jelasnya lagi.

Dari sisi volume, transaksi QRIS di Kalbar pada paruh pertama Tahun 2024 adalah sebesar 13,5 Juta transaksi atau meningkat 229,0 persen dibanding periode yang sama Tahun 2023.

Lebih lanjut, jumlah pengguna (users) QRIS di Kalbar per Juni 2024 tercatat sebesar 682,1 ribu users, meningkat 37,9 persen year-on-year.

"Jumlah users tersebut, berkisar 23 persen dari jumlah penduduk dewasa di Kalimantan Barat. Sehingga, masih terdapat potensi penambahan jumlah users yang cukup besar di Kalbar," tutupnya.

Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari saat kegiatan juga sempat melihat booth Bank Kalbar bersama Kepala BI Kalbar didampingi Pimpinan Kantor Cabang Kota Pontianak Edi Kusnaidi. ***

 


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar