Pemprov Kalbar Siapkan Arak-arakan Sambut Kepulangan Veddriq Leonardo di Pontianak

19 Agustus 2024 10:57 WIB
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihastari. (Istimewa).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, menyiapkan arak-arakan untuk menyambut kedatangan pahlawan olahraga Indonesia, Veddriq Leonardo di Pontianak. 

Atlet panjat tebing penyumbang mendali emas Olimpiade Paris 2024 itu, dijadwalkan pulang ke kampung halaman, di Pontianak, Kalimantan Barat pada 21 Agustus 2021.

"Kita akan menyambut pahlawan olahraga kita di Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo, yang mendapatkan emas," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihatsari, Senin (19/8/2024). 

Kedatangan Veddriq sejak di bandara Supadio Kubu Raya akan disambut dengan prosesi penyambutan adat melayu. Penyambutan ini juga dihadiri Forkopimda, orang tua, serta atlet cabor sepeda, Bernard yang sama-sama mengikuti kegiatan Olimpiade Paris. 

"Setelah dari bandara, kita bergerak melaksanakan arak-arakan," ungkap Windy. 

Arak-arakan untuk Veddriq akan dilakukan dengan mobil hias yang sudah disiapkan. Adapun dekorasi mobil yang dikendarai Vedriq tersebut adalah dekorasi papan panjat tebing. 

Nantinya di mobil tersebut akan ditempati Veddriq, bersama orang tua dan Forkopimda. 

Di samping itu, disepanjang jalan dari Arteri Supadio menuju Pontianak, Vederiq juga akan disambut masyarakat dan pelajar yang dipastikan akan turun di sepanjang jalan. 

"Kami sudah menyampaikan surat ke Pn Bupati Kubu Raya, Wali Kota Pontianak, termasuk Dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten dan kota, agar masyarakat dan para pelajar untuk menyambut Veddriq di sepanjang jalan dan sudah ada pembagiannya," terangnya. 

Sementara itu, setibanyadi bundaran Untan, Veddriq nantinya akan diberikan panggung untuk berorasi sebentar. Di sana sejumlah mahasiswa juga sudah berkumpul menyambutnya.

"Setelah itu, baru Veddriq menuju Jalan Gajah Mada melewati jalan Teuku Umar. Di sepanjang Ayani 1, sampai Gajah Mada kita harap masyarakat juga menyambut," terangnya. 

Usai menuju jalan Gajah Mada, rombongan Veddriq akan bertolak ke pendopo Gubernur melewati jalan Veteran. 

"Di halaman pendopo, kita siapkan panggung. Di sana sudah menunggu masyarakat, atlet dan pelajar," katanya. 

Di pendopo Gubernur, nantinya Pj Gubernur Kalbar akan memberikan sambutan, sekaligus menyerahkan apresiasi kepada Veddriq berupa bonus, dan uang pembinaan kepada beberapa atlet lain. Acara selanjutnya akan dirangkai dengan hiburan yang disiapkan, hingga makan siang bersama. 

"Setelah makan siang, Veddriq bertolak ke Gor Khatulistiwa. di sana ada kita ada talks show dengan Vedriq untuk memberi semangat atlet-atlet yang lain," ujarnya. 

Selesai talk show, Vedriq akan menyapa atlet di persiapan pembukaan bola voli Kapolri Cup. Lalu mengantar Veddriq pulang ke rumahnya. 

"Nantinya akan ada rekayasa lalu-lintas dan sudah kita kordinasikan dengan kepolisian," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar