Kalbar Raih Tiga Penghargaan di Ajang Parade Tari Nusantara 2024, Angeline Harap Pemprov Perhatian Pegiat Seni Budaya

12 Oktober 2024 19:49 WIB
Foto bersama peserta lomba Parade Tari Nusantara 2024 di rumah kediaman Anggota DPRD Kalbar, Angeline Fremalco, Sabtu (12/10/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalimantan Barat, Angeline Fremalco berharap Pemprov Kalbar dapat memberikan perhatian khusus terhadap penggiat seni budaya di Kalbar.

Terutama bagi mereka yang berhasil meraih prestasi di ajang Parade Tari Nusantara 2024, dengan torehan tiga penghargaan dari empat kategori yang diperlombakan. Di antaranya, penyaji unggulan, penata tari unggulan dan penata musik unggulan.

Untuk mencapai prestasi ini, tentu butuh upaya dan perjuangan. Peserta yang mewakili Kalbar di ajang itu, harus cari sponsor sendiri. Sebab tak ada dukungan anggaran dari Pemprov Kalbar. 

"Agak miris emang, karena mereka harus menggunakan dana sendiri untuk mengikuti lomba," kata Angeline, Sabtu (12/10/2024).

Bahkan menurut legislator PDIP Perjuangan itu, anak-anak muda yang ikut ajang Parade Tari Nusantara 2024 mewakili Kalbar, juga tak didampingi pihak Pemprov. Berbeda dengan daerah lain.

"Seharusnya minimal perwakilanlah yang datang untuk memberikan support mereka," kata Anggeline.

Baginya, jika ada pihak Pemprov Kalbar yang mendampingi, ada yang memberi semangat. Setidaknya, para peserta merasa diperhatikan. 

"Namun sayang sekali kita tidak ada support sama sekali. Apakah seni dan budaya itu dianggap tidak penting?" tanya Angeline.

Karena itu, aa merasa sedih atas minimnya perhatian pemerintah terhadap pegiat seni. Padahal mereka lah yang merawat warisan budaya.

"Saya pribadi adalah sosok yang sangat mengidolakan Bung Karno, karena beliau sangat mencintai budaya," tuturnya.

Ia berpesan, untuk ke depannya Pemprov Kalbar, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dapat memberikan support yang serius kepada penggiat seni budaya di Kalbar.

"Kita tunjukkan bahwa kita perhatian, jangan tinggalkan mereka istilahnya," pesannya.

Sementara itu, peserta lomba kategori penata tari, Diego Antoni Canigia mengutarakan bahwa dalam persiapan penggarapan lomba, banyak sekali permasalahan yang dialami, seperti pemilihan kostum, konsumsi dan sebagainya.

"Kita harus ekstra, pakai uang pribadi malahan," kata Diego.

Ia mengungkapkan, bahwa mereka telah berupaya untuk meminta bantuan kepada Pemprov Kalbar. Namun, hingga mengikuti dan berhasil mendapat prestasi belum ada respons

Diketahui, terdapat 35 peserta dari Kalbar yang perpartisipasi dalam kegiatan Parade Tari Nusantara 2024. Dan mereka dapat memberikan prestasi yang bikin harun nama Kalbar.***


Penulis : Gregorius
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar