Pj Sekda Ketapang Hadiri Peresmian Sarana Program Desa Berdaya PLN di Kecamatan Simpang Dua

11 Oktober 2024 13:59 WIB
Pj Sekda Ketapang Hadiri Peresmian Sarana Program Desa Berdaya PLN di Kecamatan Simpang Dua

KETAPANG, insidepontianak.com - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Donatus Franseda yang mewakili Bupati Ketapang Martin Rantan menghadiri peresmian Sarana Program Desa berdaya PLN dan Hari Temu Usaha Tahun 2024, di Kecamatan Simpang Dua, Selasa (08/10/2024)

Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan PJ Sekda mengatakan, kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting, sebagai contoh inspiratif bagi daerah tentang bagaimana bisa bersinergi dalam memajukan Desa, mengembangkan potensi lokal serta menjaga kelestarian lingkungan.

"Sesuai dengan tema yang diusung, Ekosistem Gunung Juring Sebagai Adat, Budaya, dan Sumber Kehidupan. Gunung juring bukan hanya sebuah ekosistem alam akan tetapi merupakan simbol adat dan budaya serta sejarah panjang masyarakat di Kecamatan Simpang Dua," ujarnya.

Dalam kontek sarana program Desa berdaya lanjutnya, diakui dia, PLN merupakan wujud nyata dari kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam memberdayakan Desa-Desa melalui pembangunan Infrastruktur yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan ini juga dirangkai dengan pameran produk lokal, peresmian rumah sanggar adat dan budaya serta bussiness matching," tuturnya.

Tujuan dari acara ini jelasnya, sebagai ajang untuk mempromosikan model pengembangan potensi lanskap secara berkelanjutan, melalui konsep pengelolaan ekosistem gunung juring yang mengutamakan kelestarian lingkungan dan keberlanjutan sosial ekonomi tanpa merusak alam sekitar.

Oleh karena itu, dikatakan Pj Sekda, Bupati bangga dengan komitmen PLN yang telah berperan aktif dalam program Desa berdaya, yang tidak hanya berfokus pada penyediaan infrastruktur, tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan ekonomi masyarakat.

"Besar harapan saya agar program ini terus berkembang dan diperluas ke Desa-Desa lain yang ada di Kabupaten Ketapang sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya," harapnya.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang khususnya masyarakat yang berada di Kecamatan Simpang Dua, baik itu pelaku usaha, tokoh adat, tokoh budaya maupun generasi muda untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan ekosistem Gunung Juring.

"Ini sebagai contoh sukses dari bagaimana kita memadukan pelestarian lingkungan, penghormatan terhadap adat dan budaya serta peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar