Perkuat Silaturahmi dan Syiar Islam, Pj Bupati Syarif Kamaruzaman Buka MTQ X di Keraton Kubu

28 Juli 2024 19:51 WIB
Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman

KUBURAYA, insidepontianak.com - Untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kubu Raya terus melakukan pembinaan.

Salah satunya melalui penyelenggaraan MTQ tingkat kabupaten. Hal itu disampaikan Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman saat membuka MTQ X tingkat Kabupaten Kubu Raya di Halaman Keraton Kerajaan Kubu, Kecamatan Kubu.

"MTQ ini sebagai sarana silaturahmi, syiar agama, sekaligus ajang kompetisi bagi seluruh insan Qurani Kabupaten Kubu Raya," kata Kamaruzaman.

Kamaruzaman melanjutkan, melalui momentum MTQ dirinya mengajak seluruh elemen baik pemerintahan maupun masyarakat khususnya tokoh agama, pemuka masyarakat
dan pimpinan organisasi keagamaan untuk tidak ragu mengambil peran dalam membangun kehidupan sosial dan keagamaan di Kubu Raya.

“Saya juga mengajak kepada seluruh umat muslim Kubu Raya bahwa Alquran sebagai kitab suci harus kita jadikan inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan daerah kita,” ucap Kamaruzaman. 

Menurutnya, MTQ yang digelar secara rutin pada hakikatnya merupakan upaya pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi. Sekaligus memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukasi dari kitab suci Alquran. Jadi tidak semata-mata sebagai ajang kompetisi untuk adu gengsi.

“Untuk memenuhi tuntutan bahwa setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, punya daya juang dan daya saing, serta bebas dari ketergantungan. Sehingga dapat memberikan kemaslahatan bagi kebaikan dan kemandirian masyarakat,” ujarnya.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman menyatakan ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi Qurani. Proses peningkatan pengetahuan, kata dia, tidak boleh berhenti.

"Harus berkelanjutan dan relevan dengan perkembangan zaman," tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar