Komitmen Tingkatkan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Pemkab Kubu Raya Terima Paritrana Award

2 Agustus 2024 20:09 WIB
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menerima penghargaan sebagai terbaik ketiga di ajang  Paritrana Award Tahun 2023. Penghargaan diserahkan Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson kepada Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman di Hotel Mercure Pontianak.

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Paritrana Award diberikan sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang dinilai punya komitmen dalam meningkatkan cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja informal dan pekerja penerima upah.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menerima penghargaan sebagai terbaik ketiga di ajang  Paritrana Award Tahun 2023. Penghargaan diserahkan Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson kepada Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman di Hotel Mercure Pontianak. 

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman mengatakan penghargaan tersebut dikarenakan adanya perkembangan yang signifikan terkait capaian-capaian Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di dalam memberikan perlindungan terhadap para pekerja yang ada di wilayah Kubu Raya, terutama memberikan jaminan kepastian bahwa kesehatan dan tunjangan hari tua telah diberikan kepada masyarakat penerima manfaat.

“Kami terus lakukan berbagai langkah dan semua pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah juga tercover dengan Jamsostek ketenagakerjaan. Di Kubu Raya banyak UMKM berkembang dan kita mendorong mereka agar bisa naik kelas, memiliki Jamsostek kesehatan, dan akses perbankan,” tambahnya.

Karena itu, Pj Bupati Kuu Raya Syarif Kamaruzaman menegaskan pihaknya akan terus berupaya melindungi para pekerja informal dan penerima upah demi Kubu Raya yang semakin tumbuh berkembang ke depannya.

“Terhadap UMKM yang ada tentu para pekerjanya juga perlu diberikan perlindungan. Untuk itu pemerintah kabupaten terus mengalokasikan anggaran agar mereka punya kemampuan untuk terus bekerja dan ikut berkontribusi bagi Kubu Raya,” ucapnya

Lebih jauh terkait upaya menaikkan kelas UMKM, Kamaruzaman menyebut pentingnya aspek legalitas bagi UMKM agar bisa mendapatkan dukungan permodalan dari perbankan. 

"Untuk naik kelas, kita terus pacu agar bisa  terus mendapatkan akses ke perbankan juga. Karena untuk bisa naik kelas ini tentu ada beberapa persyaratan,” ungkapnya.

Kamaruzaman menilai peluang UMKM untuk naik kelas terbuka lebar. Sebab kini perbankan juga memberikan pelayanan yang sangat baik terhadap pelaku UMKM.

"Kita lihat, perbankan sudah memberikan akses tanpa jaminan. Mereka (UMKM) diberikan kemudahan pelayanan dari perbankan. Nah, ini akan terus kita bahas bersama-sama. Ini akan kami tindak lanjuti dengan gerak perbankan yang ada di Kubu Raya,” urainya.

Ryan Gustaviana selaku Kepala Kantor Cabang Pontianak menyampaikan pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan  dalam meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dan penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Ryan berharap kedepan coverage kepesertaan Kalimantan Barat agar meningkat sehingga semakin banyak pekerja yang merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentunya menjadi semangat kita untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita pemerintah dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)," tutup Ryan. ***

 


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar