Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam: Pemkab Dukung Gerakan Pramuka Lewat Dana Hibah

28 Oktober 2024 07:31 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Selain mendorong beberapa dinas membentuk saka-saka untuk memasifkan Pramuka, Pemda Kabupaten Kubu Raya setiap tahun membantu Gerakan Pramuka melalui dana hibah.

"Pembinaan khusus untuk anak-anak di sekolah juga kita dorong melalui dinas pendidikan. Gudep-Gudep Alhamdulillah sudah terbentuk," kata Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam usai membuka Musyawarah Cabang IV Gerakan Pramuka Kubu Raya, di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya. 

Dalam Muscab tersebut, Sekda Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam terpilih kembali sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kubu Raya periode 2024-2029.

Sekda Yusran Anizam mengatakan Gerakan Pramuka sangat penting untuk membangun karakter generasi muda. Karena itu, pemerintah kabupaten menetapkan Pramuka  sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah.

"Gerakan Pramuka kita masifkan. Semua siswa mesti mengikuti Gerakan Pramuka. Karena menjadi ekskul wajib. Sekali lagi wajib bagi anak-anak sekolah," tegasnya.

Mendukung eksistensi Gerakan Pramuka, Yusran menyebut pentingnya menggelar berbagai kegiatan kepramukaan. Kegiatan tersebut menjadi wadah untuk pembinaan Gerakan Pramuka yang dapat membentuk karakter anak-anak sekolah.

"Karakter bangsa dibangun dari Gerakan Pramuka ini. Dengan Dasa Dharma itu semua item dalam membentuk karakter bangsa ada di situ," ucapnya.

Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam menambahkan Kwarcab Kubu Raya yang dipimpinnya aktif mengikuti berbagai agenda Pramuka baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Alhamdulillah bahkan tingkat internasional Kubu Raya juga bisa mewakili Indonesia. Ada beberapa kegiatan internasional di mana kita hadir mengikuti," tutupnya. *** 


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Muhlis

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar