Momentum Hari Raya Iduladha Masjid Nurul Yaqin Sadaniang Sembelih Hewan Qurban

18 Juni 2024 21:08 WIB
momentun Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M, kepengurusan Masjid Nurul Yaqin Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah melaksanakan penyembelihan hewan qurban berupa dua ekor sapi dan satu kambing.

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Prosesi penyembelihan hewan qurban dilakukan setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha dengan berlokasi di Halaman Masjid Nurul Yaqin, Dusun Pak Nungkat, Desa Sekabuk.

Di momentun Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M, kepengurusan Masjid Nurul Yaqin Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah melaksanakan penyembelihan hewan qurban berupa dua ekor sapi dan satu kambing.

"Alhamdulillah di Momentum Iduladha 1445 H/2024 M, kita bisa mempersembahkan hewan qurban, ini berkat perjuangan para pengurus Masjid Nurul Yaqin yang sukses membangun komunikasi dengan berbagai pihak sehingga bisa mempersembahkan hewan qurban," ujar Ismail Caning, Ketua Masjid Nurul Yaqin saat ditemui di sela-sela prosesi penyembelihan hewan qurban.

Di tahun ini, Masjid Nurul Yaqin Sadaniang menerima satu ekor sapi dari Pemerintah Kabupaten Mempawah, dan satu ekor sapi dari Yayasan Dompet Ummat Kalimantan Barat, serta seekor kambing dari PT Antam Tbk.

"Ketiga hewan qurban dipotong dan disalurkan oleh panitia qurban Masjid Nurul Yaqin Sadaniang," katanya lagi.

Ismail mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan hewan qurban dari Pemerintah Kabupaten Mempawah, Dompet Ummat Pontianak Kalimantan Barat, serta PT Antam Tbk yang telah mempercayakan penyaluran hewan qurban di Masjid Nurul Yaqin Sadaniang.

"Alhamdulillah dari ketiga hewan kurban tersebut, kita salurkan daging qurban bagi 164 rumah. Tidak hanya untuk muslim dan mualaf, tapi juga warga non muslim yang berada di wilayah sekitar masjid sebagai bentuk toleransi beragama,” ungkap Ismail.

Ismail menyebut amanah ini terus akan kita jaga agar penyaluran sesuai sasaran, dan kita harapkan dapat membantu mereka yang memerlukan serta berbagi kebahagiaan di momentum Idul Adha.

Sekali lagi atas nama pengurus masjid dan seluruh jamaah. "Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Mempawah, Donatur Dompet Ummat dan seluruh pihak yang terlibat hingga pelaksanaan qurban berjalan sukses," tuturnya.

Ketua Masjid Nurul Yaqin juga memohon maaf apabila kuota distribusi daging kurban masih terbatas jumlahnya, mengingat data yang masuk pada tahun ini semakin bertambah.

“Semoga tahun yang akan datang kita secara swadaya mampu juga untuk memberikan hewan qurban, serta terus dipercaya para dermawan, Pemerintah Daerah dan lembaga untuk menyalurkan hewan qurban di Masjid Nurul Yaqin,” tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment