BMKG Prediksi Kota Pontianak dan Banjarmasin Terjadi Udara Kabur

24 Juli 2024 08:12 WIB
Ilustrasi cuaca lembab/Pixabay

JAKARTA, insidepontianak.com - Cuaca di Pulau Kalimantan diprakirakan berawan di Kota Palangka Raya dan berpotensi terjadi udara kabur di Kota Pontianak dan Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi berawan tebal pada Rabu.

"Cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan tebal di Kota Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh," kata Prakirawan Andika F Hapsari dalam saluran Youtube BMKG di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Menurutnya Kota Medan berpotensi terjadi udara kabur dan cuaca di Kota Padang diprakirakan berkabut.

Untuk cuaca di wilayah Jambi, Bengkulu, Pangkalpinang, dan Palembang secara umum diprakirakan berawan tebal, sedangkan Kota Bandar Lampung diprakirakan terjadi udara kabur.

Cuaca diprakirakan berawan hingga berawan tebal di Kota Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

"Untuk Bali dan Nusa Tenggara, cuaca diprakirakan berawan tebal di Kota Mataram dan Kupang. Sementara Denpasar diprakirakan diguyur hujan ringan," katanya.

Ia menyebut pentingnya warga mewaspadai potensi petir di Kota Samarinda dan hujan petir di Tanjung Selor, sedangkan untuk Pulau Sulawesi, cuaca diprakirakan berawan tebal di Kota Makassar dan Manado.

Cuaca berkabut diprakirakan di Kota Palu serta hujan ringan di Kota Mamuju.

BMKG juga memprediksi potensi petir di Kota Gorontalo dan Kendari.

Di Indonesia bagian timur, cuaca diprakirakan berawan tebal di Kota Ternate serta hujan ringan di Kota Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya, sedangkan potensi hujan petir di Kota Nabire dan Merauke. (Antara)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar