Dosen Unisma Malang Gelar Seminar Nasional Manfaat Telur Fungsional Rendah Kolestrol

31 Juli 2024 14:50 WIB
Unisma Malang melalui program dana padanan 2024 berhasil menyelenggarakan seminar nasional di Padepokan HM Arum Sabil Farm, di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggung, Kabupaten Jember.

MALANG, Insidepontianak.com - Tim dosen Unisma Malang melalui program dana padanan 2024 berhasil menyelenggarakan seminar nasional di Padepokan HM Arum Sabil Farm, di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggung, Kabupaten Jember.

Melalui Kerjasama industry dengan Koperasi Tani Nusantara Arum sabil, Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya Taruna Bhumi dan juga dengan IHO (Indonesian Health Observed), civitas akademik fakultas peternakan unisma malang menggelar seminar nasional dan kampanye telur fungsional dengan tema “Telur Fungsional untuk Kesehatan dan Kecerdasan Generasi Bangsa”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat dinas kabupaten jember yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan peternakan, pimpinan Universitas Islam Malang ketua Sentra Hak Kekayaan Intelektual dan Inovasi, Dekan dan pimpinan fakultas peternakan, tenaga Kesehatan, perwakilan ormawa BEM dan Himaprodi Fapet UNISMA, siswa-siswi SMA, para peternak dan juga para pelaku UMKM Kabupaten Jember.

Pada seminar nasional telur fungsional ini menghadirkan 5 narasumber yaitu Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP ahli nutrisi dan teknologi pakan ternak unggas sekaligus sebagai ketua program dana padanan unisma 2024, Dr. Aeni Nurlatifah, S.Pt M.Si Postdoctoral BRIN-IPB, Ir. Moch Noerhadi Sudjoni, M.P M.BA sebagai ahli marketing agribisnis, dr. kohar, SpAn sebagai ahli bidang kesehatan, dan Bunga Jeanica Yovinduarte, S.Gz sebagai ahli gizi rumah sakit PTPN 12 Kaliwates. Kegiatan ini dimoderatori oleh Rahmita Yulia Andini, S.Pt M.Si dari pengawas satwa Istana Kepresidenan Bogor dan Anita Qur’aini, S.P., M.Ling dosen fakultas pertanian UNISMA.

Pada kegiatan ini juga dilakukan kegiatan bazar pameran produk inovasi dosen unisma berupa telur fungsional rendah kolesterol non Antibiotic growth promothor serta berbagai olahan telur yaitu sosis telur fungsional, tahu telur fungsional, telur pindang, telur bumbu kuning, telur bumbu bali dan telur asin ayam fungsional.

Selain itu, kegiatan bazar ini dengan sengaja memamerkan aneka olahan telur fungsional yaitu telur yang didesign khusus untuk meningkatkan added value dari segi Kesehatan manusia. Peserta seminar sangat antusias untuk mencoba produk inovasi dosen unisma serta melakukan uji organopatik dan uji pemasaran telur saat berada di bazar.

Kegiatan seminar dilakukan melalui 2 sesi yaitu sesi peternakan dan pemasaran telur fungsional serta sesi Kesehatan. Pada sesi pertama disampaikan materi mengenai cara pembentukan telur fungsional rendah kolesterol melalui rekayasa biosintesis pakan.

Ini adalah cara mempertahankan produktivitas ayam petelur dalam pembentukan telur fungsional serta strategi marketing telur fungsional.

Pada sesi kedua disampaikan materi mengenai manfaat mengkonsumsi telur fungsional bagi Kesehatan dan persepsi telur fungsioanl dari sudut pandang gizi manusia.

"Kegiatan seminar nasional ini dilakukan dengan tujuan untuk edukasi kepada Masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi telur fungsional sekaligus mengkampanyekan dan memperkenalkan telur fungsional rendah kolesterol non antibiotic growth promothor kepada Masyarakat," terang  Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP ahli nutrisi dan teknologi pakan ternak unggas.

Selain itu menurut dia, kegiatan ini juga ditujukan untuk memperkenalkan potensi telur fungsional untuk mengatasi kejadian stunting di Indonesia khusunya kabupaten Jember.

Maka dari itu, Tim Unisma bekerja sama dengan IHO (Indonesian Health Observed) yaitu Lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mendorong percepatan penanganan stunting.

Setelah sesi seminar nasional, para peserta diberi kesempatan untuk mengunjungi farm milik mitra dosen unisma dalam program dana padanan yaitu arum sabil farm yang berpopulasi lebih dari 100 ribu ekor. 

"Peserta diberitahu tata cara pemeliharaan dan manajeral farm ayam petelur dengan system closed house. Peserta juga diberitahu proses pembentukan telur fungsional melalui rekayasa pakan dan system pemberian pakannya," ungkapnya.

 Setelah seluruh rangkaian kegiatan dilakukan para peserta sangat antusias untuk membeli produk telur fungsional karena telah diedukasi mengenai manfaatnya. Beberapa peserta memesan produk dalam jumlah besar dan menawarkan Kerjasama untuk program pengabdian Masyarakat dalam penanganan stunting. 

Telur fungsional ini menurut dia sangat diperlukan oleh masyarakat karena kandungan gizinya yang kompleks dan punya nilai plus karena mengandung senyawa bioaktiv yang diperlukan tubuh ujar bunga jeanica sebagai ahli gizi. 

"Kami sangat mendorong dan merekomendasikan masyarakat untuk mengkonsumsi telur fungsional dengan jumlah yang cukup agar imunitas meningkat dan memicu perkembanga kecerdasan ujar para anggota Indonesian Health Observed," tegasnya. (PK)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar