Perkuat Jaringan, Unisma Malang Teken MoU dengan Chandigarh University dan Chandigarh Group of Colleges, India

9 Oktober 2024 15:18 WIB
Rektor UNISMA Malang, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D. melakukan MoU dengan Chandigarh University dan Chandigarh Group of Colleges, India

MALANG, insidepontianak.com —Universitas Islam Malang (UNISMA) semakin memperkuat jejaring internasionalnya dengan menjalin kerja sama strategis dengan Chandigarh University, India. MoU (Memorandum of Understanding) antara kedua institusi tersebut resmi ditandatangani dalam sebuah acara yang berlangsung di Chandigarh, India pada tanggal 4 Oktober 2024.

Perjanjian ini diharapkan menjadi langkah yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdain masyarakat kedua universitas.

Rektor UNISMA Malang, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D. yang dalam kunjungannya didampingi oleh Sonny Elfiyanto, M.Pd., Ph.D., selaku Kepala Pusat Kolaborasi Internasional dan Pengembangan Unisma Malang menyampaikan bahwa kerja sama ini akan mencakup berbagai bidang penting.

Hal itu mulai dari pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, penelitian bersama, hingga pengembangan program akademik yang berfokus pada inovasi teknologi keberlanjutan. 

“Kerja sama ini adalah bentuk komitmen UNISMA Malang untuk terus memperluas cakupan akademik dan memperkuat kolaborasi global demi menghasilkan lulusan yang kompetitif di kancah internasional, apalagi Chandigarh University ini termasuk ranking 20 di India dan 600 QS world ranking” ujar dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Unisma Malang ini.

Sementara itu, Vice Chancellor Chandigarh University, Prof. (Dr). Manpreet Singh Manna, menyatakan bahwa MoU ini akan membuka banyak peluang baru bagi kedua universitas, khususnya dalam hal penelitian dan teknologi, serta SDGs. 

“Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan UNISMA Malang, yang juga dari kampus ternama di Indonesia, apalagi Bapak Rektor sudah datang dan melihat langsung kampus kami. Juga, India memiliki banyak kesamaan dalam tantangan pendidikan dan teknologi, sehingga kemitraan ini bisa saling memperkaya dan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan peneliti dari kedua negara. Serta terimakasih karena sudah berkenan menghadiri undangan kami sebagai pembicara di Global Education Summit 2024, " ungkapnya.

Salah satu fokus utama dari kerja sama ini adalah pengembangan program pendidikan yang mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kedua universitas berencana untuk mengembangkan penelitian terkait teknologi ramah lingkungan, pendidikan inklusif, dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Selain itu, program pertukaran mahasiswa dan dosen akan dimulai secepatnya, memungkinkan para peserta untuk mendapatkan pengalaman akademik lintas budaya dan memperluas wawasan global mereka. Program ini diharapkan dapat mendorong peningkatan keterampilan bahasa, pemahaman budaya, serta kompetensi akademik yang lebih tinggi.

Kerja sama ini juga akan memberikan kesempatan bagi dosen dan peneliti dari kedua universitas untuk terlibat dalam penelitian bersama di bidang teknologi, inovasi pendidikan, dan kewirausahaan. UNISMA Malang dan Chandigarh University akan saling berbagi sumber daya dan fasilitas penelitian, sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang berkontribusi pada pengembangan ekonomi dan sosial di masing-masing negara.

Selain itu, Unisma Malang juga melakukan penandatanganan MoU dengan Chandigarh Group of Colleges (CGC) yang mana didapati bahwa kampus ini sejalan dengan visi UNISMA Malang untuk terus meningkatkan daya saing global melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sementara itu, perwakilan Chandigarh Group of Colleges,. Prof. (Dr.) Anish Gupta, selaku Director Academics CGC mengungkapkan antusiasmenya terhadap MoU ini.

 “Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan UNISMA Malang, dan semoga kerjasama ini bisa terimplementasikan dengan baik dan berkelanjutan. Melalui MoU ini, kami berharap dapat berbagi pengalaman, pengetahuan, dan inovasi dalam menciptakan lulusan yang unggul secara global,” ungkapnya.

Dengan adanya penandatangan MoU ini, UNISMA semakin mempertegas visinya sebagai universitas yang tidak hanya berorientasi pada pendidikan nasional, tetapi juga memiliki komitmen kuat dalam menjawab tantangan global melalui kolaborasi internasional. 

“Kami berharap kerja sama ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat nyata bagi seluruh civitas akademika, baik di UNISMA Malang, Chandigarh University dan Chandigarh Group of Colleges bisa bersama-sama melesatkan ketiga universitas ini menjadi world class university,” kata Prof. Junaidi. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar