Harisson Minta Bawaslu Jalankan Tupoksi Pencegahan dan Penindakan di Pilkada 2024

30 Juli 2024 10:46 WIB
Pj Gubernur Kalbar, Harisson memberikan sambutan di acara launching pengawasan Pilkada serentak 2024 yang digelar Bawaslu Kalnar di Pontianak Convention Center (PCC), Senin (29/7/2024) malam. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar, Harisson meminta Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu seluruh Kalbar, bersungguh-sungguh melaksanakan tugasnya melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran di Pilkada 2024. 

Hal tersebut disampaikan Harisson saat membuka kegiatan launching pengawasan Pilkada Kalbar 2024 yang digelar di Pontianak Convention Center (PCC), Senin (29/7/2024) malam. 

Harisson mengatakan, Pilkada 2024 merupakan momentum memilih pemimpin daerah secara demokratis, sekaligus sarana memperkuat komitmen menjalankan prinsip demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi. 

Dalam proses Pemilu, pengawasan memiliki tempat strategis untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas dan mendapatkan hasil yang dipercaya masyarakat. 

Karena itu, Bawaslu yang memiliki tugas sebagai lembaga pengawas, harus bekerja sungguh-sungguh dan menindaklanjuti setiap laporan pelanggaran Pemilu yang dilaporkan. 

"Temuan proses Pilkada harus ditangani dengan baik. Bawaslu harus tetap menjaga integritas. Dalam proses demokrasi, kepercayaan adalah kunci," katanya. 

Dengan kepercayaan publik, maka akan memperkuat legitimasi dan semua pihak akan menerima dan mengakui hasil dari proses demokrasi. 

"Pada momentum ini, kita menaruh harapan kepada jajaran pengawas Pemilu untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan fungsinya," ucapnya. 

Harisson berharap, Bawaslu terus melakukan fungsi pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran dan sengketa dari proses Pemilu.

"Masyarakat diharapkan membantu badan pengawas dalam pelaksanaan pengawasan pesta demokrasi secara cermat guna menjaga integritas Pilkada 2024," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar