Karolin-Erani Kantongi Rekomendasi PDIP, Potensi Lawan Kotak Kosong Menguat

31 Juli 2024 13:39 WIB
Calon Bupati Landak, Karolin Margret Natasa-Erani terima surat rekomendasi pengusungan dari PDI Perjuangan yang diserahkan langsung oleh Sekjen, Hasto Kristianto, Rabu (31/7/2024). (Istimewa).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Landak, Karolin Margret Natasha-Erani kembali menerima rekmondasi PDI Perjuangan untuk maju di Pilkada Landak 2024.

Rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristanto, didampingi Ketua DPD PDIP Kalbar, Lasarus, dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Landak, pada Rabu (31/7/2024). 

Ini artinya, sudah lima partai yang memastikan mengusung pasangan Karolin-Erani. Lima partai itu, di antaranya, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, PKB dan PAN.

PDI Perjuangan sendiri memliki 13 kursi di DPRD Landak. Sedangkan NasDem punya enam kursi. Adapun PAN dan PKB masing-masing punya satu kursi.

Jika ditotal dari lima partai pengusung itu, maka Karolin-Erani, memiliki kekuatan sokongan parlemen 25 kursi dari 40 kursi yang ada DPRD Landak.

Sedangkan 15 kursi tersisa terdiri dari Gerindra lima kursi, Hanura empat kursi, Golkar tiga kursi dan PSI tiga kursi, sampai saat ini belum menentukan sikap.

Partai koalisi pengusung Karolin-Erani juga masih berpotensi bertambah. Bahkan, diklaim masih ada beberapa rekomendasi partai sedang diproses.

Sebagaimana diketahui, Karolin adalah calon bupati petahana. Pada Pilkada Landak 2017, Karolin berpasangan dengan Herkulanus Heriadi sebagai calon tunggal yang diusung sembilan partai politik.

Di antaranya, PDI Perjuangan, NasDem, Gerindra, Golkar, Demokrat, Hanura, PAN, PKB dan PKPI.

Karena calon tunggal, Karolin-Herculanus saat itu 'bertarung' melawan kotak kosong, dan berhasil menang telak dengan meraih 227.531 suara atau 98.86 persen.

Di Pilkada 2024, Karolin yang memilih berpasangan dengan Erani, juga kembali berpotensi menjadi calon tunggal dan melawan kotak kosong.

Sebab, saat ini Karolin-Erani sudah diusung lima partai politik yang mendominasi kepemilikan kursi di DPRD Kabupaten Landak. Apalagi, hingga saat ini, belum muncul figur baru penantang calon bupati petahana itu.***

Banteng Solid Bergerak

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Landak, Herkulanus Hariadi memastikan, seluruh kader dan simpatisan partainya solid memenangkan pasangan Karolin Margret Natasa-Erani.

"Dengan surat rekomendasi ini, maka DPC PDI Perjuangan Kabupaten Landak, akan segera melakukan konsolidasi organisasi mulai dari tingkat DPC, PAC, Ranting dan anak ranting," kata Herkulanus Hariadi.

Ia memastikan, PDI Perjuangan siap mengamankan tugas yang diberikan DPP memenangkan pasangan Karolin-Erani dengan jargon KREN Menyala.

"Tentunya PDIP secara infrastruktur sudah siap, dan mesin partai sudah terbukti teruji bisa dilihat beberapa kali hasil Pemilu dan Pilkada Kabupaten Landak PDI Perjuangan selalu menang," ucapnya.

Ia pun berharap masyarakat Landak kembali memberikan dukungan kepada Karolin Margret Natasa melanjutkan pembangunan periode kedua.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar