KPU Pastikan Tiga Paslon Mendaftar di Pilgub Kalbar 2024, Penetapan Calon 22 September

30 Agustus 2024 09:11 WIB
Komisioner KPU Kalimantan Barat, Syarifah Nuraini (Antara)

PONTIANAK, insidepontianak.com - KPU Kalbar memastikan, ada tiga pasangan bakal calon yang mendaftar dalam Pemilihan Gubernur Kalbar 2024 sejak pendaftaran dibuka pada 27-29 Agustus 2024. 

Tiga pasangan calon ini adalah Sutarmidji-Didi Haryono, diusung Gerindra, NasDem, Golkar, PKS, PAN, Demokrat, Perindo dan PSI. 

Selanjutnya, pasangan Muda Mahendrawan-Jakius Sinyor, diusung PKB dan lima parpol non parlemen. Dan terakhir, pasangan Ria Norsan-Krisantus, diusung PDIP, Hanura dan PPP. 

"Sampai pendaftaran ditutup ada tiga paslon yang mendaftar sebagai calon Gubernur calon wakil Gubernur 2024," kata Komisioner KPU Kalbar, Syarifah Nuraini.

Selanjutnya, tiga pasangan calon ini akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Anton Soedjarwo Bhayangkara Polda Kalbar. Adapun pasangan Sutarmijdi-Didi sudah selesai mengikuti pemeriksaan kesehatan pada Kamis (29/8/2024). Sebab pasangan ini lebih dulu mendaftar di KPI.

Sedangkan pasangan Muda-Jakius dan Ria Norsan-Krisantus dijadwalkan mengikuti tes kesehatan pada 31 Agustus 2024. Setelah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan, akan ada pemeriksaan administrasi calon. KPU akan mengecek seluruh persyaratan.

"Apabila ada yang dibutuhkan klarifikasi akan kami klarifikasi. Dan akan kami umumkan hasil pemeriksaan administrasi pada 5-6 September," jelasnya. 

Sementara jika diperlukan perbaikan dokumen, KPU akan meminta perbaikan dokumen dari 6-8 September. Lalu berlanjut sampai tahapan tanggapan, dan masukkan masyarakat. Ada juga masa klarifikasi dan dilanjutkan penetapan calon yang memenuhi syarat pada 22 September. 

"Lalu pengundian nomor urut pasangan calon di 23 September 2024," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar