Subhan Nur Ajak Sutarmidji Perjuangkan Pembangunan Jalan dan Jembatan di Kecamatan Galing

27 Oktober 2024 05:27 WIB
Anggota DPRD Kalbar dapil Kabupaten Sambas, Subhan Nur saat berbincang dengan calon Gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Percepatan pembangunan jalan dan jembatan di Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, menjadi salah satu aspirasi yang diterima calon gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji saat berkunjung ke Desa Tempapan Kuala, Jumat (25/10/2024).

Dengan adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah kabupaten, provinsi, hingga pusat, hal tersebut dinilai bakal mudah untuk diwujudkan.

Hal itu disampaikan, Anggota DPRD Kalbar dapil Sambas, Subhan Nur yang turut mendampingi kunjungan Sutarmidji, ke Desa Tempapan Kuala.

Untuk menuju desa tersebut, rombongan harus menyeberangi Sungai Bantanan melewatu penyeberangan Galing. Kemudian melintasi jalan yang kondisinya masih banyak yang rusak.

Sebagai Anggota DPRD Kalbar, Subhan Nur siap memperjuangkan peningkatan jalan, dan jembatan di Kecamatan Galing, jika Sutarmidji kembali terpilih menjadi gubernur lewat Pilgub Kalbar 2024. Dengan harapan, jalan yang rusak bisa diambil alih menjadi jalan provinsi.

“Saya sudah bicara dengan beliau (Sutarmidji) saat di penyeberangan, jalan ke sini (Desa Tempapan Kuala) paling 19 kilometer (jalan) dari Sekabau itu. Kita buat (jadi) jalan provinsi,” ucap Subhan Nur.

Apalagi lanjut dia, Ketua DPW NasDem Kalbar yang juga Anggota DPR RI dapil Kalbar, Syarief Abdullah Alkadrie kembali dipercaya di Komisi V, dan diamanahkan sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI.

Sehingga bagi Subhan, bisa didorong untuk membangunkan jembatan di Penyeberangan Kecamatan Galing.

“Kami akan berjuang bersama-sama Pak Sutarmidji, gubernur, untuk peningkatan jalan dan jembatan di Kecamatan Galing,” ujar Ketua DPD NasDem Kabupaten Sambas itu.

Subhan yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kalbar sangat percaya bahwa Sutarmidji memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun Kalbar. Termasuk di Kabupaten Sambas.

Terbukti, di periode pertama kepemimpinan Gubernur Sutarmidji pada 2018-2023, telah banyak pembangunan yang dilakukan di daerah berjuluk Serambi Mekah Kalbar itu.

“Saya tahu apa yang diperjuangkan Pak Sutarmidji selama menjabat sebagai gubernur. Saya tukang kritik nomor satu, tapi bukan bermusuhan. Ketika Partai NasDem mendukung beliau, kita juga komitmen mendukung Pak Sutarmidji,” tegasnya.

Subhan mencontohkan, sebelum Sutarmidji menjabat sebagai gubernur, sudah puluhan tahun, jalan dari Kecamatan Teluk Keramat, sampai Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas tak pernah diperhatikan.

Yakni mulai dari jembatan Perigi Parit, ke Dungun Condong sampai ke Paloh, jalannya masih berupa tanah.

Pembangunan di wilayah itu baru dilakukan di era Gubernur Kalbar dijabat Sutarmidji. Dan saat ini kondisi jalan yang ada sudah mantap sampai ke Desa Malek.

“Memang masih ada hutang beliau, dari (desa) Malek ke Merbau, beliau berjanji mau menuntaskannya. Susah kalau (Sutarmidji) tidak jadi (gubernur) lalu berlubang-lubang jalan. Gubernur baru belum tentu, tapi beliau sudah terbukti membaguskan (jalan) dari geratak Perigi Parit sampai ke Mentibar, bukti (telah) dirasakan masyarakat,” paparnya.

Tak hanya infrastruktur jalan, menurut Subhan, Sutarmidji juga telah memberikan perhatian yang besar terhadap sektor pendidikan di Kabupaten Sambas.

Bukti itu bisa dilihat dari banyaknya pembangunan unit gedung sekolah baru di Kabupaten Sambas selama lima tahun terakhir.

Dampaknya juga telah terbukti, dengan meningkatnya nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sambas. Yang saat ini menduduki peringkat pertama dari 12 kabupaten, dan peringkat ketiga dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

“Karena jasa beliau banyak membangun SMA/SMK dibangun di Kabupaten Sambas, makanya IPM kita meningkat,” pungkasnya.***


Penulis : ril/bis
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar