Klaim Dapat Dukungan Parpol, Muda Mahendrawan Optimis Berlayar di Pilgub Kalbar

17 Mei 2024 14:41 WIB
Muda Mahendrawan bersama Suyanto Tanjung di kantor DPD Hanura Kalbar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Muda Mahendrawan optimis dapat berlayar di Pemilihan Gubernur Kalbar 2024 lewat jalur partai politik usai mundur dari jalur independen.

Ia mengklaim telah mendapat sinyal dukungan dari beberapa partai politik. Sejauh ini, Muda telah mendaftar ke Golkar, Demokrat, PDI Perjuangan, Hanura, PKB dan PAN.

"Alhamdulillah sinyal positif dari beberapa partai sudah kita dapat, dan kita optimis dapat dukungan," kata Muda.

Ia pun menegaskan sangat serius maju dalam Pilgub Kalbar 2024 dengan menggandeng Ketua DPD Hanura Kalbar, Suyanto Tanjung.

Bukti keseriuasnnya, dengan berhasil mengumpulkan syarat dukungan untuk maju dari jalur independent, walu akhirnya, jalur ini batal ditempuh.

"Dukungan 387.119 masyarakat ini dukungan rill. Hanya dua bulan kami bisa memenuhi syarat," kata Muda.

Namun, Kalbar yang luas dengan problematika yang beragam menjadi alasannya harus membatalkan maju di jalur perseorangan. Dukungan politik dianggap menjadi kunci menjaga stabilitas pemerintah, dan mendapat dukungan anggaran dari pusat.

"Makanya jalur partai menjadi langkah kami di Pilgub Kalbar. Wakil saya Hanura sudah empat kursi dan saya yakin partai lain juga mendukung," katanya.

Di sisi lain, Muda mengaku, pengalamannya mengukir sejarah sebagai Bupati Kubu Raya yang terpilih dari jalur independent pertama di Indonesia pada Pilkada 2009, terbukti membuat pemerintahannya tidak cukup kuat untuk menyamakan persepsi pembangunan di legislatif.

"Makanya, untuk mewujudkan ini perlu kebersamaan. Perlu keberagaman. Salah satunya yang saya lakukan dengan memilih wakil dari wilayah Timur Kalbar," tuturnya.

Ia pun berharap, dengan keterwakilan wakil dari wilayah Kapuas Raya, dapat mendorong pemekaraan provinsi wilayah timur Kalbar, yang sejak lama dinantikan.

"Dengan ada keterwakilan diharapkan upaya pemekaran Kapuas Raya supaya tetap konsisten, karena ada wakilnya. Jangan sampai ada yang kelupaan," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment