PDIP Kalbar Target Menangkan Seluruh Pilkada 2024, Lasarus Ancam Pecat Kader yang Berbelot

12 September 2024 13:25 WIB
Pembukaan Rakerda Khusus PDIP. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus meminta seluruh kader solid memenangkan pasangan calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan.

Lasarus memasang target kemenangan di seluruh Pilkada serenak Kalbar. Karena itu, dua menyerukan seluruh kader banteng solid. Jangan ada yang membangkang dengan garis keputusan partai.

"DPP sudah memutuskan sosok yang diusung di Pilkada. Tentu ada konsekuensi kalau ada yang bermain mata dengan calon lain," kata Lasarus saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Daerah Khusus, Kamis (12/9/2024).

Lasarus memastikan, resiko kader yang tak patuh pada keputusan partai adalah pemecatan. Jika kader merupakan calon legislative terpilih maka akan direkomendasikan tak dilantik.

"Laporan awal sudah ada beberapa yang main mata dengan calon lain. Tapi dalam kesempatan Rakerda, kita mengingatkan kembali. Kalau buktinya ada kita akan proses sesuai mekanisme," tegasnya.

Di samping itu, Lasarus juga mengingatkan agar DPC menjalin komunikasi intens dengan para calon kepala daerah.

Jangan sampai terjadi sumbatan komunikasi, dan berpengaruh pada capaian dalam upaya pemenangan Pilkada.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Sri Rahayu mengajak seluruh jajaran pengurus memenangkan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan. 

"Hari ini kita akan melakukan rapat kerja yang tentu akan menghasilkan poin-poin yang menggerakkan siapa saja memenangkan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan," katanya.

Rahayu juga tak lupa mengingatkan, PDI Perjuangan dikenal dengan gotong royong dalam pemenangan Pilkada.

Maka ia menyerukan seluruh kader untuk menjaga nilai-nilai itu, untuk menyongsong kemenangan. Jika ada calon terpilih yang tak mau berjuang bersama-sama maka dapat dicatat.

Dia juga mengingatkan calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan dalam penyusunan visi dan misi kepala daerah untuk fokus dalam penurunan stunting, menghapuskan kemiskinan ekstrem dan keseimbangan lingkungan hidup dan ketahanan pangan.

Untuk diketahui, pada Pilkada serentak di Kalbar, PDI Perjuangan mengusung sejumlah kader. Di Kubu Raya, partai banteng mengusung kadernya Sujiwo-Sukiryanto.

Lalu Singkawang mengusung duet Tjhai Chui Mie-Muhammadin, Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan-Sukardi, Landak mengusung kader Karolin-Erani, lalu Melawi mengusung Dady Sunarya-Malin.

Sementara di Ketapang PDI juga mengusung kadernya Junaidi-Suprapto, kemudian Sanggau PDI Perjuangan mengusung duet Yohanes Ontot-Susana.

Lalu Sekadau, PDIP mengusung kader Martinus Sudarno-Muhammad, di Kota Pontianak mengusung kadernya Bahasan berpasangan dengan Edi Rusdi Kamtono.

Sementara di Sintang, PDIP juga mengusung kadernya Didit berpasangan dengan Melki. Di Kayong Utara, PDIP mengusung Romi Wijaya-Amru Chanwari.

Di Bengkayang, PDIP mengusung Sebastianus Darwis-Samsul, dan di Mempawah mengusung Erlina-Juli Suryadi dan terakhir di Sambas mengusung Satono-Hero.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar