Kakanwil Kemenkumham Kalbar Ingatkan Pentingnya Sinergisitas Jaga Perbatasan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Muhammad Tito Andrianto bersilaturahmi dengan Pj Gubernur Kalbar, Harisson, Jumat (6/10/2023).

Tito yang baru menjabat Kakanwil Kemenkumham Kalbar itu, ingin merawat sinergisitas dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang berjalan baik. Terlebih, Kalbar berbatasan dengan negara tetangga.

Kedatangan Tito didampingi Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Hernowo Sugiastanto dan Kepala Sub Bagian Humas Reformasi Birokasi dan Teknologi Informasi Zulzaeni Mansyur.

Tito mengatakan, kunjungan ini bentuk komitmen terus membangun komunikasi serta berkoordinasi antara Kemenkumham Kalbar dan Pemprov Kalbar. Tujuannya agar sinergi yang telah dilakukan, dapat dilanjutkan.

"Kehadiran awal kami ini merupakan komitmen awal melakukan berbagai kerjasama strategis antara Kanwil Kemenkumham Kalbar bersama Pemrov Kalbar demi memberikan kepastian hukum dalam berbagai aspek dibawah peran dan tanggungjawab Kementerian Hukum dan HAM di wilayah,"kata Tito.

Tito juga menyampaikan atensinya terkait  over crowded pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di Kalimantan Barat. Dalam upaya mengatasi masalah ini, Tito secara aktif akan mencari solusi yang efektif.

Selain itu, Tito juga menyoroti pentingnya pendekatan restorative justice melalui mediasi dalam menangani kasus-kasus hukum yang melibatkan anak-anak, dengan harapan agar keputusan hukuman dapat diambil dengan bijaksana.

Sementara, dalam konteks wilayah perbatasan negara, Tito juga menyoroti peran penting wilayah ini sebagai pintu gerbang negara, yang memerlukan perhatian khusus dalam hal keamanan dan kerja sama lintas batas.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar, Harisson menyampaikan dukungannya kepada Kemenkumham Kalbar.

Salah satunya melalui penyerahan aset Pemprov Kalbar kepada Kemenkumham Kalbar beberapa waktu lalu seperti lahan yang telah dijadikan rumah detensi Imigrasi.

"Ke depan kita siap bersinergi membangun Kalimantan Barat," pungkasnya. (andi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar