Tingkatkan Kualitas Produk Hukum Daerah, Kanwil Kemenkumham Kalbar Gelar Pendalaman Materi Perancangan Perda

2 Juli 2024 16:23 WIB
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat,menyelenggarakan kegiatan pendalaman materi Perancangan Peraturan Daerah atau Perda di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar, Selasa (2/7/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk melakukan pembinaan dalam perancang peraturan perundang-undangan di daerah dan peningkatan koordinasi serta sinergi antara Kanwil Kemenkumham Kalbar dengan pemerintah daerah. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto, mengatakan, penetapan peraturan daerah merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan otonomi daerah. 

Tito menekankan peraturan daerah haruslah disusun dengan baik dan berkualitas agar dapat mendukung program pemerintah di daerah dan mewujudkan pembangunan daerah yang sesuai dengan kekhususan dan keberagaman daerah tersebut.

Tito menjelaskan perancang peraturan perundang-undangan memiliki peran strategis dalam memastikan kualitas produk hukum daerah. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas perancang agar mereka dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan optimal.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM. 

Mereka adalah Nuryanti Widyastuti, Dwi Retnaningtyas dan Prahesti Sekar Kumandhani. Para narasumber menyampaikan materi tentang jenjang karier perancang peraturan perundang-undangan.*


Penulis : REDAKSI
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment