Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, Dewan Pers Gelar UKW di Kalbar

26 Juli 2024 09:47 WIB
Dewan Pers gelar Uji Kompetensi di Kalbar. UKW ini digelar dua hari, dari Jumat hingga Sabtu (27/7/2024) di hotel Harris Pontianak. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan atau UKW di Kalimantan Barat. Adapun UKW ini dilaksanakan di Hotel Harris Pontianak, Jumat (26/7/2024). 

Dilaksanakan bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya mengatakan, UKW adalah upaya untuk meningkatkan kompetensi awak media dalam menjalankan tugasnya sehari-hari sebagai jurnalis. 

"Melalui ini kompetensi wartawan ini, diharapkan membuat para awak media lebih baik," kata Agung Dharmajaya. 

Esensi UKW selain meningkatkan kapasitas wartawan, juga untuk memberi pembelajaran agar kode etik selau dipegang teguh dalam melaksanakan kerja-kerja jurnalistik. 

Kode etik sangat penting untuk menjaga hak-hak semua pihak. Di sisi lain, dalam membuat pemberitaan, jurnalis wajib menjaga kehormatan orang-orang. 

"Jangan sampai, awak media bekerja tanpa pedoman. Pedoman pemberitaan harus diperhatikan sekali. Karena itu, Dewan Pers terus mendorong supaya jurnalis memahami etika dan adab," tegas Agung.

"Bicara skill, rasanya tidak meragukan. Tapi ketika bicara etika, harus hati-hati," lanjutnya. 

Karena itu, negara memfasilitasi semua jurnalis mengikuti UKW. Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis. Maka, harus dimanfaatkan dengan baik, agar para jurnalis profesional, adaptif dan berkompeten. 

"Kalau tidak, kita akan tertinggal. Bisnis media adalah bisnis kepercayaan. Jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan publik. Kalau jurnalis profesional, maka produk jurnalistiknya akan berguna bagi publik," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar