Sutarmidji Respect dengan Sosok Pabali Musa: Cendekia Muhammadiyah Berintegrias dan Bijaksana

4 September 2024 21:45 WIB
Sutarmidji-Didi Haryono dan Ketua PW Muhammadiyah Kalbar, Pabali Musa saat berdiskusi membahas isu-isu pembangunan. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bakal calon gubernur Kalbar, Sutarmidji mengaku respect dengan sosok Pabali Musa yang punya integritas dan berdedikasi tinggi dalam pengabdian mengembangkan Muhammadiyah di Kalbar.

Pabali Musa adalah Ketua PW Muhammadiyah Kalbar. Dia pernah terjun ke politik. Bahkan sempat menjabat Wakil Bupati Sambas periode 2011-2016.

Namun, dunia politik ditinggalkan bukan karena sudah tidak ada kesempatan. Tetapi, lebih memilih untuk mengabdi membesarkan Muhammadiyah, sambil tetap mengajar sebagai dosen.

Menurut Sutarmidji, sejatinya, sosok Pabali Musa masih diinginkan masyarakat Sambas, untuk kembali ikut berkontestasi di Pilkada dan diharapkan menjadi kepala daerah.

Tetapi, tawaran itu ditolak, karena dia ingin istikamah sebagai tokoh yang independen, dan konsisten membangun peradaban umat lewat jalur akademis kemuhammadiyahannya.

“Saya sejak periode lalu, saat saya jadi Gubernur Kalbar, menerima banyak aspirasi masyarakat mendorong Pak Pabali maju Pilkada. Bahkan, sekarang juga banyak yang meminta beliau. Tapi beliau tidak bersedia,” kata Sutarmidji, usai bertemu Pabali Musa, Selasa (3/9/2024).

Menurut Sutarmidji, saat ini Pabali Musa ingin fokus mengembangkan Muhammadiyah di Kalbar, sebagai jalan untuk membantu pemerintah membangun daerah. Karena itu, ia sangat kagum dan hormat.

“Susah cari politisi intelektual seperti beliau, istikamah dengan keputusan untuk tidak ikut Pilkada,” puji Sutarmidji.

Bagi Sutarmidji, Pabali musa merupakan cendikiawan yang berkarakter, cerdas, berwawasan luas, dan bijaksana.

“Beliau cenderung lebih banyak mendengar, beliau lebih tampil sebagai sosok ulama. Beliau mudah diajak diskusi dan tokoh yang disegani,” ucap Sutarmidji.

Adapun Sutarmijdi bersama calon wakilnya, Didi Haryono melakukan pertemuan dengan Ketua PW Muhammadiyah Kalbar dan seluruh jajaran tak lain betujuan mempererat silaturahmi.

Silaturahmi itu turut diisi dengan diiskusi-diskusi membahas isu-isu pembangunan Kalbar ke depan. PW Muhammadiyah mendoakan, Sutarmidji-Didi bisa menjalani tahapan Pilgub dengan lancar, dan diharapkan bisa memimpin Kalbar untuk lima tahun mendaatang.***


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : Muhlis

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar